Sukses


Menghilang Bau Asap dari Dalam Rumah

Bau asap sering menetap, karena ada beberapa peralatan rumah yang mudah menyerap asap.

Liputan6.com, Jakarta Usai mengadakan pesta kecil atau arisan di rumah, salah satu yang paling Anda kesalkan—selain tumpukan piring kotor—adalah ruangan yang berbau tak sedap. Aroma yang paling sering Anda terima adah aroma asap sisa dari makanan yang dipanggang atau dibakar dan aroma asap rokok (meski Anda sudah meminta teman Anda merokok di luar rumah).

Bau asap sering menetap, karena ada beberapa peralatan rumah yang mudah menyerap asap, seperti sarung bantal, karpet, dan tirai. Tapi bukan berarti bau asap tak bisa dihilangkan. Dinukil dari Rumah.com, lakukan trik ini untuk mengatasinya.

Buka jendela

Bukalah jendela selama proses penghilangan bau. Bahkan, sebelum proses dimulai, diamkan dulu ruangan hingga dipenuhi udara dari luar selama 30 menit agar sisa asap yang beterbangan di dalam ruangan bisa mengalir keluar, bukan malah mengendap di dalam rumah.

Bersihkan semua perlengkapan makan

Cuci semua perlengkapan makan yang sudah digunakan, dan bersihkan pula pemanggang Anda. Lalu, cuci asbak hingga benar-benar bersih dengan sabun cuci piring yang mengandung antibakteri.

Gunakan mangkuk

Isi mangkuk dengan soda kue, kopi, atau cuka putih dan letakkan di beberapa sudut ruangan, terutama ruangan yang paling tercium aroma asapnya. Diamkan hingga 1-2 jam lalu ganti dengan yang baru. Lakukan hingga aroma asapnya berkurang.

Taburkan soda kue dan kopi

Untuk karpet, sofa, dan sarung bantal yang biasanya sangat mudah menyerap bau asap, taburkan kopi atau soda kue di atas permukaannya. Diamkan hingga 30 menit atau satu jam, lalu sedot sisa kopi dan soda kue tersebut dengan vacuum cleaner. Khusus untuk tirai, semprotkan pengharum ruangan ke permukaan tirai lalu bersihkan dengan pengisap debu.

Tempatkan tanaman

Untuk sementara, ambil beberapa tanaman pot dari luar rumah dan letakkan di dalam rumah. Tanaman akan mengisap karbondioksida sisa asap di dalam rumah dan menggantinya dengan oksigen.

Penanganan khusus sofa kulit

Untuk membersihkan sofa kulit dari aroma tak sedap, campurlah semangkuk air dengan 4-5 sendok makan cuka putih. Rendam kain bersih di dalamnya lalu peras dan gunakan untuk mengelap sofa Anda secara merata, lalu diamkan hingga kering. Untuk sofa yang menggunakan penutup, lepaskan penutupnya dan cuci dengan detergen antibakteri.

Jemur

Keluarkan bantal kursi, karpet, serbet, dan peralatan lainnya yang berbahan kain lalu jemur di bawah sinar matahari. Paparan sinar akan mengurangi debu dan asap yang menempel di peralatan tersebut, bahkan mematikan kumannya.

Simpan dalam freezer

Jika ada pakaian yang masih bersih dan ikut terpapar asap sisa makanan, masukkan pakaian tersebut ke dalam kantung kertas lalu simpan selama 2-3 jam di dalam freezer. Udara dingin akan menyerap aroma asap yang menempel di pakaian Anda.

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini