Sukses


Resep Rahasia Anti Kantuk Saat Puasa

Ngantuk berat saat puasa? Ikuti tips ini untuk mengusirnya.

Liputan6.com, Jakarta Kantuk kerap melanda di siang hari, terutama saat orang sedang berpuasa. Rasa kantuk ini bisa disebabkan oleh nutrisi di dalam tubuh yang menurun, bisa juga karena kurang tidur.

Sejatinya, di bulan Ramadhan, tidur adalah ibadah. Namun demikian, bila Anda tidur terus terusan sepanjang hari, kegiatan lain di rumah akan terbengkalai. Rumah mejadi tidak terurus, bahkan telat menyiapkan hidangan berbuka.

Nah, jika sudah seperti itu, tidur justru membawa keburukan. Dilansir dari laman Rumah.com, terdapat lima tips mengatasi rasa kantuk, karena menahan lapar saat berpuasa:

1. Mengatur pernapasan

Salah satu cara mengatasi kantuk adalah dengan mengatur pernapasan Anda. Kualitas oksigen yang masuk ke dalam sistem tubuh dan kemampuan tubuh mengeluarkan C02 sangat penting dalam menghalau kantuk.

Sebaiknya, bernapaslah melalui hidung secara perlahan, dan hiruplah udara dalam-dalam menggunakan diafragma.

Semakin pendek nafas Anda, semakin sulit oksigen menjangkau sel tubuh, otak, dan jantung, yang mengakibatkan organ-organ tersebut tidak dapat bekerja secara optimal.

2. Olahraga

Saat puasa, bukan berarti Anda tidak boleh berolahraga. Justru, Anda disarankan untuk berolahraga seperti jalan cepat setiap setelah sahur. Kegiatan ini baik untuk menjaga energi Anda saat siang hari.

3. Jaga pola tidur dengan baik

Terlalu banyak tidur ternyata justru membuat Anda merasa lelah. Jadi, sebaiknya atur pola tidur Anda menjadi efesien dan optimal selama Ramadhan.

Caranya, dengan tidur lebih cepat setelah sholat tarawih. Kemudian, Anda juga bisa tidur sekitar setengah jam setelah sholat dzuhur.

Menurut penelitian, tidur selain pada jam tidur (malam hari) bisa meningkatkan kualitas tidur Anda. Jadi, ketika bangun, nanti Anda akan merasa segar hingga waktu berbuka puasa tiba.

4. Alihkan fokus

Rasa kantuk, lapar, dan lelah terjadi bisa karena Anda tidak memiliki fokus kegiatan yang menyenangkan. Agar Anda tidak mengantuk di siang hari, cobalah untuk mengalihkan fokus Anda dari hal hal yang membosankan.

Contoh kegiatan rumahan yang bisa memberikan fokus adalah dengan melukis, merajut, dan bermain jenis permainan tradisional seperti congkelak dan lain-lain.

5. Pilih asupan makanan yang tepat

Terakhir, Anda harus mengatur pola asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh saat sahur dan berbuka puasa.

Hindari kafein, seperti kopi saat berbuka puasa dan sahur. Karena bila Anda mengonsumsi kafein, Anda enggan tidur. Bisa bisa tidur larut, dan ini sangat berpotensi menimbulkan kantuk di siang hari.

Kemudian, saat sahur pilihlah makanan yang memiliki zat besi yang baik, seperti hati sapi, kepiting, tiram, daging sapi, dan masih banyak lagi.

feature picture: pixabay.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini