Sukses


Menghadirkan Ruang Khusus Tadarus di Rumah

Agar lebih khusyuk, ada baiknya Anda melakukan tadarus di rumah pada tempat yang benar-benar disiapkan untuk tadarus.

Liputan6.com, Jakarta Di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, seluruh umat muslim di dunia berlomba mengerjakan kebaikan. Harapannya agar mendapat pahala yang berlimpah dan berkali lipat.

Selain menunaikan ibadah puasa, aktifitas mengaji Alquran atau dalam bahasa arab dikenal ‘tadarus’ pun sebaiknya tidak boleh luput dilakukan. Pada bulan inilah Alquran diturunkan oleh Allah SWT, sebagaimana dalam firman-Nya yang artinya;

Bulan Ramadhan, bulan yang didalamnya diturunkan (permulaan) Alquran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu, dan pembeda (antara yang haq dan yang bathil).” (Q.S Al-Baqarah : 185)

Sebelum memulai tadarus, seorang muslim diharuskan memahami adab yang diperintahkan agar mendapat kesempurnaan pahala saat membacanya.

  • Membaca dalam keadaan suci dengan duduk yang sopan dan tenang.
  • Membaca dengan pelan (tartil), tidak terburu-buru, agar dapat menghayati yang dibaca.
  • Membaca Alquran dengan khusyuk, dengan menangis, karena sentuhan pengaruh ayat yang dibaca bisa menyentuh jiwa dan perasaan.
  • Membaguskan suara ketika membacanya.
  • Membaca Alquran dimulai dengan isti’adzah.

Tadarus Alquran tentu bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Entah itu seusai salat lima waktu, di kantor, di perjalanan menuju rumah atau tempat kerja, atau bahkan di kamar tidur sendiri.

Agar lebih khusyuk, ada baiknya Anda melakukan tadarus di rumah pada tempat yang benar-benar disiapkan untuk tadarus.

Menurut Esya Roza, Arsitek sekaligus Desainer Interior dan pendiri desaindekor.com, jika hanya ditujukan bagi anggota keluarga saja, spot tadarus bisa memanfaatkan salah satu sudut kamar tidur yang paling jarang dilewati sehingga lebih terjaga kebersihannya.

“Namun jika luas kamar tidur tidak memungkinkan, carilah area lain yang cukup terisolasi agar tidak terganggu oleh kegiatan sehari-hari di dalam rumah. Misalnya, ruang kosong di bawah tangga atau area mezanine yang ada di rumah,” ungkap Esya kepada Rumah.com, Selasa (7/06).

Bila punya dana lebih, ruang tadarus ini juga boleh didekorasi dengan pengaplikasian warna cat yang akan memberi tingkat kenyamanan saat mengaji.

“Kegiatan tadarus tentu membutuhkan konsentrasi tinggi. Maka dari itu ada warna-warna yang dipercaya mampu menambah daya konsentrasi seperti kuning, biru, dan putih,” katanya.

Memanfaatkan area outdoor

Saat hendak merancang spot khusus tadarus di rumah, Esya menyebut beberapa hal yang perlu diperhatikan.

“Sebaiknya perhatikan posisi kiblat, karena biasanya tadarus ini dilakukan setelah mengerjakan ibadah solat. Oleh karena itu, pastikan areanya cukup memadai untuk menggelar sajadah dan menempatkan sebuah rak kecil untuk menyimpan quran, buku-buku kajian Islam, mukena, dan sarung”, tambahnya.

Ketika ditanya perihal area lain selain ruang di dalam rumah, ibu muda dua anak ini memberi solusi lain yakni dengan mengalokasikan ruang outdoor sebagai spot tadarus.

“Beruntung bagi Anda yang punya gazebo di halaman belakang rumah. Daripada terbengkalai, lebih baik diubah menjadi area khusus untuk tadarus Quran,” jelas Esya.

“Letak gazebo yang terpisah dari ruang inti di rumah akan memberi nilai privasi lebih saat beribadah. Biar semakin menyenangkan, beri karpet tebal sehingga duduk lebih nyaman, dan tambahkan beberapa bantal empuk berwarna-warni serta rekal (meja lipat khusus Quran) di atas karpet,” ia mengakhiri.

Untuk Anda yang ingin berkonsultasi dengan narasumber seputar arsitektur dan dekorasi interior rumah bisa menghubungi melalui SMS ke nomor 0818-0852-4820

Foto: Pexels

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini