Sukses


Trik Mencuci Handuk dan Sweater Agar Tetap Lembut

Jika Anda tak ingin handuk atau sweater Anda yang lainnya berubah menjadi berserat kasar, lakukan trik ini.

Liputan6.com, Jakarta Setelah dicuci beberapa kali, handuk, sweater, atau selimut yang berbahan bulu sering menjadi tak sehalus sebelumnya. Bahkan, saat Anda mencucinya dengan jasa laundry, keadaan handuk dan peralatan rumah berbahan halus lainnya menjadi berubah kondisi seratnya.

Saat digunakan, peralatan ini tak lagi lembut dan nyaman saat baru Anda beli. Penyebab handuk tak lagi lembut memang kesalahan mencuci. Jika Anda tak ingin handuk atau sweater Anda yang lainnya berubah menjadi berserat kasar, lakukan trik yang dikutip dari Rumah.com berikut ini.

Guncangkan sebelum dicuci

Sebelum memasukkan handuk ke dalam mesin cuci, bentang handuk lalu guncangkan hingga kotoran yang menempel di seratnya terlepas. Cara ini juga membuat serat kain pada handuk memuai dan tidak lengket akibat terlipat.

Hindari detergen bubuk

Sebagian serbuk detergen akan tetap terperangkap pada serta sweater atau handuk sehingga membuat seratnya kaku, terutama setelah kering. Lebih aman gunakan detergen yang sesuai dan memang diperuntukkan bagi handuk atau sweater. Menggunakan deterjen cair jauh lebih aman dibandingkan detergen bubuk.

Jangan langsung dikeringkan

Setelah dibilas, jangan langsung mengeringkan handuk atau sweater dengan mesin. Peras sisa airnya, gantungkan sebentar (kurang lebih 15-30 menit), barulah masukkan ke dalam mesin pengering. Cara ini juga berlaku untuk pakaian Anda yang berbahan wol, serta peralatan rumah lainnya seperti keset kain, seprai, dan sarung bantal. Langsung mengeringkan usai dicuci akan membuat serat kainnya kusut.

Jangan menambahkan pelembut

Dengan maksud agar handuk tetap lembut dan harum, Anda menambahkan jumlah pelembut (softener) saat merendamnya. Padahal tindakan Anda membuat handuk menjadi lebih lembap sehingga merusak daya serapnya. Softener berlebih juga membuat pakaian lainnya kehilangan daya serap untuk menyerap keringat saat dikenakan.

Gunakan bola tenis

Saat Anda hendak mengeringkan handuk, masukkan dua buah bola tenis ke dalam mesin pengering bersamaan dengan handuk. Tenang, hal ini tak akan merusak mesin pengering Anda. Bola tenis akan membantu menyerap sisa air dari handuk sekaligus mencegah serat handuk menjadi kusut.

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini