Sukses


8 Alasan Anda Harus Berkebun di Halaman Rumah

Agar keinginan Anda untuk berkebun meningkat, simak keuntungan berkebun berikut.

Liputan6.com, Jakarta Malas berkebun dan membiarkan halaman rumah hanya ditanami tanaman liar akibat tak terurus? Sebaiknya mulailah bergerak dan mempercantik halaman rumah Anda.

Halaman yang tak terurus bukan hanya membuat kondisi rumah menjadi tak sehat, tapi juga mengundang hewan tak diinginkan, seperti tikus, kecoa, bahkan ular untuk bersarang di pekarangan Anda. Agar keinginan Anda untuk berkebun meningkat, simak keuntungan berkebun yang dikutip dari Rumah.com berikut ini.

Bakar kalori

Saat berkebun selama satu jam, Anda akan membakar 280-380 kkal. Jumlah ini sama dengan jumlah kalori yang terbakar saat Anda joging selama 30 menit. Pasalnya, selama berkebun Anda akan melakukan banyak kegiatan yang menguras tenaga, misalnya memangkas tanaman, memotong rumput, membersihkan pot, menyiram bunga, serta memberikan pupuk.

Mengencangkan otot

Menurut studi New York University, menyisihkan waktu untuk berkebun minimal dua kali dalam seminggu akan membuat jantung Anda lebih senang. Pasalnya, tanpa sengaja Anda melakukan olahraga kardio, yaitu berkeliling halaman hingga beberapa kali dan otot pun menjadi lebih kencang karena Anda melakukan olahraga beban, seperti mengangkat ember untuk menyiram tanaman, serta menggali tanah.

Menenangkan jiwa

Selama berkebun Anda akan menghirup udara segar dan membiarkan paru-paru terisi penuh dengan oksigen. Hasilnya, Anda akan merasa nyaman, tenang, karena mendapatkan energi dari alam.

Bebas ancaman stroke

Journal of The American Heart menyebutkan, jika berkebun dilakukan secara berselang dengan joging dan renang, Anda akan terhindar dari penyakit degeneratif seperti serangan jantung dan stroke. Soalnya, berkebun melancarkan aliran darah dan oksigen di dalam tubuh Anda. Bahkan, The National Heart, Lung, and Blood Institute menyarankan penderita hipertensi berkebun secara rutin.

Meningkatkan imunitas

Lakukan berkebun di pagi hari, terutama sebelum pukul 08.30. Efeknya akan membuat tubuh Anda mendapatkan sinar matahari yang hangat dan akan mengubah pro vitamin D menjadi vitamin D di dalam tubuh. Kondisi ini akan meningkatkan metabolisme dan meningkat sistem imunitas tubuh. Bergerak selama berkebun juga mencegah osteoporosis.

Menambah semangat mendekorasi rumah

Melihat halaman Anda tampil cantik, tentunya Anda tergerak untuk membereskan rumah dan merapikan dekorasinya. Bahkan, mungkin saja Anda mengubah interior rumah menjadi lebih modern dan hijau.

Meningkatkan nilai jual

Jika Anda berniat menjual rumah, cobalah lebih rajin berkebun. Melihat kebun yang cantik dan hijau, calon pembeli akan langsung merasa nyaman dan tak sabar untuk melihat ruangan lainnya di rumah Anda.

Menambah luas rumah Anda

Anda tak perlu lagi ragu mengundang teman-teman untuk melakukan arisan di rumah. Bila ruangan di dalam rumah terasa sempit dan tak mampu menampung seluruh undangan Anda, Anda bisa mengadakan pesta kecil di halaman. Lebih nyaman dan memudahkan mereka untuk menghirup udara segar, bukan?

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini