Sukses


Memilih Warna Dinding Berdasarkan Feng Shui

Aturan feng shui tak hanya berlaku untuk letak atau posisi rumah, tetapi juga untuk warna cat dinding ruangan di rumah Anda.

Liputan6.com, Jakarta Aturan feng shui tak hanya berlaku untuk letak atau posisi rumah, tetapi juga untuk warna cat dinding ruangan di rumah Anda. Menurut Erica Sofrina, penulis buku Feng Shui for the Western World yang ditulis Rumah.com, warna dinding yang sesuai akan meningkatkan mood sehingga membuat Anda merasa lebih sehat dan betah ketika berada di rumah. Secara tak langsung, warna tersebut membantu Anda untuk selalu berpikir positif dan optimis.

Kamar tidur

Warna yang cocok: warna-warna pastel seperti peach, serta warna-warna yang menunjukkan unsur tanah, seperti cokelat yang sangat muda atau krem.

Tidak direkomendasikan: warna yang sangat terang, seperti merah atau oranye, dan warna gelap seperti hijau tua, biru tua, dan abu-abu tua.

Alasan: kamar tidur membutuhkan suasana yang tenang, nyaman, dan seakan menyatu dengan unsur tanah. Memberikan warna terang pada dinding akan membuat Anda menjadi terlalu aktif dan susah beristirahat, sedangkan warna gelap memberikan kesan depresi. Untuk kamar anak, walaupun terlihat cantik, hindari memasang warna ungu atau pink, karena warna tersebut akan membuat mereka selalu ingin bermain dan susah tidur. Pilih warna hijau muda, dan hanya gunakan warna pink atau ungu sebagai aksesori.

Kamar mandi

Warna yang cocok: warna pastel dan putih.

Tidak direkomendasikan: cokelat tua, biru laut, hijau tua, dan abu-abu.

Alasan: Kamar mandi sudah termasuk dalam unsur air, jadi menambahkan warna air seperti biru akan membuatnya terlihat berlebihan. Anda akan cepat bosan saat berada di dalamnya.

Dapur

Warna yang cocok: cokelat muda.

Tidak direkomendasikan: merah, biru laut, hijau tua, hitam.

Alasan: Dapur merupakan jantung rumah Anda, dan membutuhkan warna yang menampilkan kesan happy. Dapur juga mengandung unsur api, sehingga akan lebih baik jika diredam dengan warna muda. Mengecat dinding dapur dengan warna gelap akan menurunkan mood Anda selama memasak, sehingga memengaruhi hasil masakan Anda.

Ruang makan dan ruang tamu

Warna yang cocok: hijau muda.

Tidak direkomendasikan: merah.

Alasan: Merah akan merusak selera makan Anda, bahkan menghilangkan keinginan Anda untuk makan. Sebaliknya warna kalem seperti hijau muda akan membuat Anda bersemangat mengonsumsi makanan segar seperti sayuran atau buah.

Ruang kerja

Warna yang cocok: Unsur yang ada pada ruang kerja adalah unsur metal, sehingga Anda dibolehkan menggunakan warna terang seperti kuning muda pada dinding.

Tidak direkomendasikan: warna dengan elemen air seperti biru.

Alasan: elemen air cenderung menenangkan, sehingga malah membuat Anda ingin menunda pekerjaan. Sedangkan warna terang akan meningkatkan semangat Anda.

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.