Sukses


Panduan Menata Ruang Keluarga

Penataan ruang keluarga yang tepat akan berpengaruh terhadap kehidupan di dalam rumah.

Liputan6.com, Jakarta Ruang keluarga biasa digunakan sebagai tempat bercengkrama dengan keluarga dan bersantai. Penataan ruang keluarga yang tepat akan berpengaruh terhadap kehidupan di dalam rumah. Jika terlalu banyak barang dan berantakan, maka Anda akan sulit rileks. Sebaliknya, jika terlalu kosong, maka ruangan keluarga tidak akan terasa hangat dan berwarna.

Anda bisa mencari inspirasinya di media-media yang memuat desain ruang keluarga, meskipun semua rumah adalah unik dan hanya bisa didefinisikan dengan gaya hidup masing-masing pemiliknya. Manfaatkan semua perabotan dan dekorasi yang ada di rumah, karena tidak semua orang memulai menata ruang keluarganya di satu ruangan yang kosong.

Begitu banyak cara dalam menata ruang keluarga, simak panduan penataan ruang keluarga dari Rumah.com berikut ini :

Pusatkan pada sebuah titik fokus

Pertama, pilih satu perabotan yang akan menjadi fokus utama ruangan tersebut, misalnya televisi atau home theater, sebuah karya seni atau rak berisi koleksi buku favorit, dan suvenir hasil buruan Anda di luar negeri. Buat barang-barang itu menjadi sebuah fokus di ruang keluarga dengan menempatkan sofa atau kursi di hadapannya

Pusatkan sebagai tempat untuk mengobrol

Kelompokkan beberapa sofa atau kursi di dalam satu tempat, sehingga setiap orang yang duduk dapat berbicara dengan mudah antara satu sama lain. Bentuk penataan ruang keluarga seperti ini sangat cocok terutama bila Anda sedang mengadakan sebuah acara di rumah. Atur tempat duduk agar orang tidak bisa lalu lalang yang akan mengganggu konsentrasi seseorang ketika sedang berbicara, aturlah agar setiap orang bisa mengelilinginya.

Jadikan ruangan yang ramah anak

Atur ruang keluarga dengan penataan yang membagi ruangan menjadi beberapa area seperti ruangan untuk bermain dan ruangan untuk para orang dewasa duduk dan mengobrol. Buat pemisah ruangan yang terlihat alami seperti menempatkan sebuah meja atau sofa. Buat tempat untuk penyimpanan semua mainan anak-anak dan tempatkan di salah satu pojokan ruang keluarga.

Pusatkan pada keseimbangan pandangan

Seimbangkan ruangan dengan menghubungkan perabotan dengan barang lain untuk menciptakan keseimbangan. Misalnya, tempatkan sebuah perabotan yang besar dengan karya seni dengan ukuran yang hampir sama di seberang ruangan.

Pusatkan penempatan perabotan yang sejajar

Menempatkan beberapa perabotan dengan susunan yang sejajar, sangat cocok untuk suasana ruangan yang formal. Gunakan beberapa perabotan dan dekorasi, termasuk kursi, lampu dan juga karya seni seperti lukisan. Jika Anda ingin membuat ruangan lebih santai, tempatkan beberapa perabotan secara asimetris.

Mita Agustina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini