Sukses


Membuat Ranjang Anda Serapi Ranjang Hotel

Selain menyetrika, memasangkan seprai pada kasur menjadi salah satu kegiatan rumah tangga yang tak disukai.

Liputan6.com, Jakarta Selain menyetrika, memasangkan seprai pada kasur menjadi salah satu kegiatan rumah tangga yang tak disukai. Meski sudah payah Anda memasangkanya serapi mungkin, tetap saja dalam sekejap seprai menjadi berantakan dan kusut. Padahal, salah satu dorongan untuk merasa nyaman dan betah tidur di ranjang adalah kerapian seprai dan ranjangnya.

Agar seprai di ranjang Anda selalu rapi, cobalah cara yang dikutip dari Rumah.com ini.

Ganti setiap minggu

Lebih dari seminggu, seprai sudah penuh dengan keringat, debu, dan kotoran dari pakaian Anda. Membiarkannya tak diganti akan membuat seprai selalu kusut dan terasa lengket serta gerah saat digunakan. Anda pun menjadi tak nyaman saat tidur di atasnya. Usahakan mengganti seprai setiap minggu agar area ranjang tetap higienis dan tak kusut.

Cuci dengan kanji

Jangan mengandalkan jasa laundry kiloan atau mesin cuci untuk mencuci seprai Anda. Agar seprai tak mudah kusut, rendamlah dengan tepung kanji.

Caranya, campurkan satu sendok makan tepung kanji dengan tiga gelas air lalu didihkan. Setelahnya, campur air kanji dengan seember air bersih. Rendamlah seprai yang sudah dicuci sebelumnya ke dalam air kanji tersebut.

Diamkan selama 20-30 menit lalu jemur di bawah sinar matahari. Sesudahnya Anda tinggal menyetrikanya. Seprai pun tak akan mudah kusut. Cara ini juga berlaku untuk sarung bantal dan guling Anda.

Balik kasur Anda

Membalik kasur akan membuatnya lebih awet, karena kondisi pegas di dalamnya menjadi tak cepat kendur. Baliklah kasur setiap 2-3 minggu, dan putar bagian kepala dan kakinya agar tumpuan bebannya menjadi seimbang. Kasur yang tadinya di bawah biasanya menjadi lebih keras sehingga lebih mudah dipasang seprai, dan hasilnya pun akan lebih rapi.

Mulai dari tengah

Saat memasangkan seprai pastikan seprai dalam keadaan terbuka rata di atas tempat tidur. Jika ujung seprai memiki karet, dengan mudah Anda bisa memasukkan ujung-ujung kasur ke dalam seprai Anda. Tapi jika tidak ada karetnya, buatlah simpul di setiap ujung seprai untuk mengganjal seprai saat disematkan ke balik kasur.

Gunakan duvet

Duvet adalah pelapis seprai yang biasanya juga dipakai sebagai selimut—Anda mungkin lebih mengenalnya sebagai bed cover. Jangan menutupi seluruh permukaan kasur dengan duvet, cukup tarik hingga melebihi bagian kepala ranjang lalu lipatlah ke arah luar, sehingga bagian kepala kasur terlihat seprainya. Lalu, letakkan bantal-bantal di bagian kepala kasur yang tak tertutup duvet tadi.

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini