Sukses


Tillandsia, Tanaman Cantik Minim Perawatan

Menanam air plants di rumah kini tengah menjadi tren.

Liputan6.com, Jakarta Menanam air plant di rumah kini tengah menjadi tren. Pasalnya air plants sesuai dengan interior ruangan yang minimalis, modern, dan perawatannya pun mudah.

Berbeda dengan tanaman lainnya, air plant atau tillandsia tak membutuhkan perhatian ekstra. Penanamannya pun bisa dilakukan di mana pun, misalnya digantung dalam wadah kaca, dilekatkan di atas batu, dimasukkan ke dalam ruang siput, atau ditanam di dalam gelas. Yuk, berkenalan dengan tanaman ini lebih dekat.

Dikutip dari Rumah.com, ada beberapa jenis tillandsia, yaitu:

  • Tillandsia usneoides, pertumbuhannya memanjang ke bawah seperti rambut, sehingga kadang disebut tanaman berjenggot. Biasanya digunakan sebagai tanaman gantung.
  • Tillandsia streptocarpa, bentuknya seperti akar dan semakin tua setiap daunnya akan memanjang dan melengkung. Tillandsia jenis ini biasanya ditempel di dinding.
  • Tillandsia juncea, sekilas bentuknya mirip landak laut namun lebih tipis, berwarna hijau dan ujung daunnya tidak tajam.
  • Tillandsia ionantha, asalnya dari Meksiko dan bentuknya mirip dengan tanaman sikas berukuran sangat kecil.
  • Tillandsia cacticola, helai daunnya berbentuk segitiga dan tanaman asal Peru ini baisanya ditemukan di sela-sela pohon kaktus. Melihat bentuknya, tillandsia ini seperti tanaman tak bertangkai.

Cara merawat tillandsia

  • Karena dikenal sebagai air plant, tillandsia sangat membutuhkan sirkulasi udara untuk tumbuh dan berkembang. Jadi, Anda boleh saja menempatkan tillandsia di dalam stoples, tapi jangan tutup bagian atasnya, tetap biarkan terbuka agar tillandsia mendapatkan oksigen.
  • Tanaman ini membutuhkan sedikit air untuk tumbuh. Pasalnya, tillandsia mendapatkan nutrisi dari menangkap oksigen dan uap air yang ada di udara. Jadi, Anda cukup menyiramkan sekali dalam 2-3 minggu.
  • Tillandsia membutuhkan sinar matahari hangat sebagai pertumbuhannya. Jadi jangan tempat tanaman ini di area yang terpapar sinar sangat terik atau jangan pula menempatkannya di dalam ruangan gelap karena akan membuatnya cepat membusuk.
  • Tempatkan tillandsia di ruangan yang memudahkan sinar matahari pagi dan sore masuk.
    Singkirkan daun yang kering atau busuk agar tak menyebar ke daun lainnya.

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


    Video Terkini