Sukses


Bikin Apartemen Senyaman Rumah, Begini Caranya!

Apartemen mungil tetap bisa didekorasi seindah rumah. Simak tips berikut ini...

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda yang masih lajang, tinggal di apartemen tentunya cukup nyaman. Luas apartemen yang tak sebesar rumah tentu juga membuat Anda mudah merawat dan membersihkannya.

Masalahnya, saat Anda berkeluarga, apartemen jadi terasa sempit. Kendati demikian, bukan berarti tinggal di apartemen tak bisa senyaman di rumah. Apartemen mungil seluas 38 m2 – 40 m2 tetap bisa didekorasi seindah rumah. Simak tips dari Rumah.com berikut ini:

Jangan memilih perabotan besar

Sebaiknya Anda tak tergoda membeli furnitur yang besar. Isilah apartemen sesuai dengan kapasitasnya.

Anda bisa mencari contoh desain interior apartemen mungil di situs-situs interior, atau menjadikan apartemen teman Anda—dengan luasan yang sama—sebagai inspirasi desain. Anda pun bisa menggunakan jasa interior desainer (jika memiliki bujet khusus) untuk memastikan seluruh sudut apartemen dapat digunakan secara maksimal.

Percantik salah satu dinding

Anda boleh saja mengecat dinding apartemen dengan warna yang sama, tapi minimal pilih satu bagian untuk ditempel wallpaper bercorak. Agar tak pusing saat memandangnya, jangan memilih corak abstrak, tapi Anda bisa memilih corak monokrom atau corak bunga anggrek yang keren dan nyaman dipandang.

Pilih beberapa furnitur putih

Warna putih tak hanya membuat apartemen terlihat lebih cerah, tapi membuat Anda mudah memadupadankannya dengan perabotan lainnya. Misal, jika Anda memiliki lemari atau meja berwarna putih, Anda bisa menghias bagian atas lemari atau meja dengan taplak minimalis berwarna lainnya.

Jangan biarkan dinding menganggur

Dinding yang polos tentu kurang nyaman dilihat. Tambahkan lukisan atau kolase foto-foto, lengkap dengan frame di dinding Anda. Agar lebih nyaman dilihat, pilihlah foto yang memiliki tema yang sama atau editlah foto tersebut agar memiliki warna yang senada. Sebagai contoh, foto-foto yang memiliki warna cerah seperti foto-foto yang ada di majalah Kinfolk dapat menjadi inspirasi Anda dalam mengedit foto.

Tambahkan tanaman segar

Jangan melupakan bunga dan tanaman segar di dalam apartemen Anda. Tak hanya membuat ruangan menjadi lebih ‘hidup’ dan berwarna, melihat tanaman juga membuat hormon endorfin—hormon yang menciptakan rasa nyaman—Anda meningkat.

Letakkan bunga segar di area ruang makan dan hias balkon apartemen dengan tanaman gantung atau tanaman di dalam pot. Bunga dahlia, marigold, dan aster termasuk tanaman yang ‘tahan banting’ sehingga aman untuk diletakkan di balkon apartemen Anda.

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini