Sukses


Tanam Kaktus Cara Beda, Rumah Jadi Lebih Indah

Apakah Anda penggemar tanaman kaktus? Ya, tanaman berduri ini, cukup menyimpan misteri. Namun bisa cantik.

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda penggemar tanaman kaktus? Tanaman berduri ini rupanya menyimpan misteri. Di balik rupanya yang ‘seram’ dan bisa menyakiti, ternyata kaktus memiliki sejumlah manfaat kesehatan bagi tubuh.

Dikutip dari Rumah.com, sebuah artikel dari healthyeating.sfgate.com mengatakan bahwa batang kaktus memiliki nutrisi yang bisa menjadi antioksidan pencegah kanker, pengontrol gula darah, dan sangat baik untuk program diet.

Tidak heran bila masyarakat Amerika Latin kerap menjadikan kaktus sebagai bahan utama makanan.

Dengan manfaatnya yang besar, tanaman kaktus ini ternyata cukup mudah dipelihara. Cadangan air di dalamnya membuat tanaman ini bisa tumbuh tanpa harus disiram setiap hari.

Sekarang tanaman kaktus mungil sudah sering dijumpa di toko-toko tanaman. Biasanya, para penjual tanaman kaktus menanamnya pada pot dengan komposisi satu kaktus satu pot.

Jika area rumah Anda terbatas, Anda bisa mencoba menanam sejumlah kaktus dalam satu pot. Lebih menarik jika Anda menambahkan pernak-pernik seperti batu-batuan sehingga pot tersebut menjadi sebuah diorama nan unik.

Lalu bagaimana cara membuatnya? berikut ini 6 langkah mudah menanam kaktus pada pot mungil:

1. Siapkan material

Contoh menanam kaktus dalam satu pot (sumber: hgtv.com)

– sejumlah tanaman kaktus kecil dan beberapa jenis tanaman sekulen seperti cocor bebek atau sansevierial sebagai ‘temannya’.
– pot bunga lebar dengan diameter sekitar 30cm, dan tinggi 20cm.
– kaktus dalam pot kecil
– sarung tangan untuk berkebun
– penjepit
– kerikil
– media tanam
– sendok teh
– dan beberapa action figure sebagai hiasan.

2. Masukkan media tanam pada pot
Proses pertama menanam kaktus, adalah dengan menambahkan kerikil dan media tanah di dalam pot (sumber: hgtv.com)
Pertama, letakkan kerikil yang sudah disiapkan ke dasar pot. Jumlah kerikil tidak perlu memenuhi sampai permukaan pot. Anda cukup isi 1/3 dari tinggi pot. Sebab, kebanyakan kaktus memiliki akar yang dangkal. Kemudian, taburkan tanah di atasnya.

Lalu, siapkan lobang berukuran diameter tanaman kaktus yang sudah ditanam pada pot kecil sebelumnya. Untuk menjaga kaktus agar tetap hangat, Anda bisa menutupnya menggunakan botol plastik bening atau wadah yang seukuran, selama penananamn berlangsung.

3. Proses pemindahan kaktus dari pot kecil
Cara ketiga menanam kaktus adalah memindahkan pada lubang permukaan tanah (sumber: hgtv.com)
Pada saat memindahkan kaktus dan sejumlah tanaman sekulen pada pot sebelumnya, siapkan koran sebagai alas transisi untuk membersihkan kaktus. Jangan lupa, gunakan sarung tangan berkebun di tangan Anda.

Setelah kaktus dan tanaman sekulen sudah bersih dan padat tanahnya, barulah tanamkan kaktus menggunakan penjepit, menuju lobang yang sudah disiapkan.

4. Padatkan permukaan tanaman menggunakan sendok teh

Setelah ditanam, Anda bisa meratakan kembali permukaan tanah menggunakan sendok teh (sumber: hgtv.com)
Tanam kaktus, dan tekan ke dalam permukaan tanah. Untuk memadatkan, Anda bisa menggunakan sendok teh. Lakukan juga terhadap tanaman lain yang hendak ditanam di sampingnya.

5. Semprotkan dengan air hangat

Semprotkan tanaman kaktus pada permukaan tanah agar terlihat lembap (sumber: hgtv.com)
Setelah tanaman kaktus dan sukulen ditanam, semprotkan air hangat pada bagian tanah. Hal ini bertujuan agar tidak terlihat kering untuk beberapa hari.

6. Tambahkan detail
Jadikan tanaman kaktus Anda sebagai diorama yang bercerita. Anda bisa membuat jalan dengan tambahan pasir atau krikil. Kemudian, letakkan detail tambahan seperti action figure. Voila! Tanaman kaktus Anda terlihat seperti studio film mini yang bisa Anda kreasikan sendiri.

Selamat mencoba!

Feature picture: pixabay.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini