Sukses


Ingin Memiliki "Coffee Shop" di Rumah? Ini Caranya!

Memiliki desain rumah yang nyaman senyaman kedai kopi tentu akan membuat betah sang penghuni setiap saat.

Liputan6.com, Jakarta Bagi penikmat kopi, mencium aroma dan menyeruput kopi panas adalah momen paling menenangkan. Selain memberikan rasa manis bercampur pahit, minuman ini juga bisa menjadi perekat suatu hubungan. Hubungan bisnis salah satunya.

Tidak hanya itu, kedai kopi juga kerap dijadikan tempat wajib sebagai meeting point reuni teman lama, atau hanya sekedar mengerjakan pekerjaan dan membaca buku kesukaan.

Desain interior yang memberikan kesan nyaman, serta alunan musik jazz yang mengisi seisi ruangan, jelas memberikan kesan kehidupan metropolis yang serba instan.

Nah, bagi Anda penikmat kopi, sebenarnya Anda juga bisa menciptakan suasana nyaman di rumah senyaman kedai kopi. Seperti dilansir dari laman Rumah.com Rabu, (25/5/2016) terdapat delapan cara membuat kedai kopi mungil di rumah, berikut ulasannya:

1. Kumpulkan barang-barang bergaya vintage

Ilustrasi kedai kopi mungil di rumah yang banyak menggunakan elemen vintage.

Ruangan kedai kopi di rumah minimal berukuran 0,68m x 1,80m, dimana Anda cukup menggunakan meja atau rak yang bisa menjadi tempat menyimpan alat pembuat kopi dan sejmlah cakir dan gelas.

Kedai kopi identik dengan konsep interior vintage. Anda juga bisa mulai mencari dan mengumpulkan sejumlah barang-barang utama seperti mesin pembuatan kopi, meja atau rak, dan cangkir, gelas, dan sendok mungil.

2. Desian kedai kopi mungil dengan sebuah identitas penamaan

Tulisan ejaan C-O-F-F-E-E selain menjadi pemanis, juga menjadi identitas fungsi ruangan.
Membuat kedai kopi mungkin sedikit mirip dengan dapur atau rak penyimpan gelas dan piring. Agar lebih berkesan dan seakan memberikan kesan fungsi ruangan, sebaikya Anda berikan identitas penamaan. Misalnya, dengan menggunakan pajangan mug dengan ejaan C-O-F-F-E-E.

3. Gunakan rak buku yang tidak terpakai

Selain meja, Anda juga bisa menggunakan rak buku tidak terpakai untuk menyimpan gelas atau mug.

Rak penyimpan gelas atau cangkir, juga bisa dari rak buku yang tidak terpakai. Anda tinggal mempercantik dengan permaian warna yang dipadukan dengan warna dominan ruangan Anda.

Rak tersebut juga bisa ditempatkan dekat dengan kitchen set, namun Anda harus tetap mendekatkan penyimpanan mesin pembuat kopi yang bisa menjadi identitas fungsinya.

4. Manfaatkan sudut ruangan

Memanfaatkan sudut ruangan juga bisa disulap menjadi kedai kopi mungil yang sederhana namun menarik.
Bila Anda tidak memiliki rak penyimpan gelas atau cangkir, Anda bisa memanfaatkan sudut ruangan rumah untuk dijadikan kedai kopi mungil.

Caranya, pasang meja kecil “letter L” yang mirip meja kedai bakso. Kemudian, letakkan mesin pembuat kopi di atasnya, dan sejumlah pelengkap kopi seperti susu, cream, gula, dan lain-lain bisa Anda simpan di sebelah mesin tersebut.

Penanda ruangan sebagai kedai kopi ditunjukkan dengan poster atau foto yang diletakkan di antara cangkir atau sejenisnya. Selain itu, sebagai pemanis, Anda juga bisa menggunakan kain panel yang digunting berbentuk segitiga. Dan dipasang menjuntai di salah satu dinding sudut ruangan.

5. Tambahkan dengan “pop color”

Menggunakan “Pop Color” adalah strategi cara membuat kedai kopi mungil di dalam rumah. Kesan warna ini menunjukan nuansa yang nyaman dipandang.
“Pop color” adalah perpaduan banyak warna yang memberikan kesan abu-abu atau menjadikan kesan warna monokrom.

Menambahkan pop color sebagai ide kedai kopi mungil di rumah adalah cara yang paling banyak dilakukan banyak orang. Warna ini akan memberikan pemandangan yang santai sehingga Anda akan lebih betah berlama-lama dekat ruangan ini.

6. Kedai kopi nuansa ‘black and white’

Selain menggunakan “Pop Color” juga bisa menggunakan konsep warna “Black and White” khususnya untuk ruangan yang didominasi warna putih.
Perpaduan warna hitam dan putih ternyata juga bisa Anda terapkan pada kedai kopi Anda. Misalnya, meja dorong sebagai tempat penyimpan mesin pembuat kopi dan menyimpan gelas dan cangkir. Konsep hitam dan putih ini, sangat tepat diterapkan pada ruangan yang didominasi dengan warna putih.

7. Coffee shop dalam kabinet kitchen set

Kedai kopi dalam kabinet kitchen set sangat cocok bagi tipe rumah yang memiliki lahan terbatas.
Membuat kedai kopi mungil di rumah juga bisa memanfaatkan kabinet pada kitchen set. Kabinet yang biasa digunakan untuk menyimpan piring dan gelas, juga bisa ‘disulap’ menjadi kedai kopi tersembunyi. Konsep ini sangat prakitis dan tidak banyak menghabiskan sisa ruangan.

8. Gunakan warna bercorak pada setiap elemen

Pilihan warna bercorak pada wadah penyimpan gula, cream, biji kopi, atau susu menunjukkan nuanda vintage.
Ide membuat kedai kopi mungil lainnya, adalah dengan menggunakan warna bercorak yang diaplikasikan pada elemen gelas, cangkir, atau kaleng cream, gula, atau susu. Selain itu, sebagai tempat penyangga, Anda juga bisa menyiasatinya dengan menggunakan kaca yang dipasang merekat pada dinding.

Konsep ini sangat kental dengan nuansa vintage yang lebih banyak mengguakan corak serta pilihan warna-warna muda seperti soft pink, cream, soft chocolate dan lain sebagainya.

Feature picture: pixabay.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini