Sukses


9 Cara Kreatif Menyimpan Buku di Rumah

Apakah Anda sudah menata koleksi buku di rumah dengan rapi?

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda sudah menata koleksi buku di rumah dengan rapi? Atau mungkin setelah membeli buku-buku tersebut Anda hanya letakkan di rumah dan ketika mau membacanya Anda lupa dimana menaruhnya.

Simak beberapa cara kreatif di Rumah.com dalam mengatur buku-buku di rumah.

Kumpulkan semua buku menjadi satu

IdeMenyimpanBuku-MenjadiSatu 

Membuat perpustakaan di rumah semudah mengatur beberapa rak buku. Jika Anda memiliki dinding di rumah yang belum digunakan, misalnya di dekat tangga, letakkan dua rak buku bersebelahan dan cat rak buku dengan warna yang sesuai dengan dekorasi rumah.

Rak buku di dinding

IdeMenyimpanBuku-BangunRak 

Daripada hanya membuat rak buku dengan gaya tradisional yang dibuat dari lantai hingga ke langit-langit, pertimbangkan untuk membuat beberapa rak penyimpanan berbentuk kotak dan ditempelkan ke dinding agar terlihat lebih modern. Cat rak-rak tersebut dengan warna yang senada dengan dinding.

Pergunakan ruang yang luas

IdeMenyimpanBuku-RuanganygLuas 

Gunakan ruang yang luas di rumah, seperti ruang keluarga, untuk membuat sudut perpustakaan yang nyaman. Letakkan beberapa rak buku di belakang sofa untuk menyimpan buku, majalah, dan koleksi lainnya. Tambahkan lampu di bagian sisi sofa untuk memberikan pencahayaan yang cukup di tempat membaca.

Manfaatkan ruangan di rumah

IdeMenyimpanBuku-RuanganKecil 

Ruangan kecil yang mungkin terlupakan di rumah bisa menjadi tempat yang potensial untuk menyimpan buku. Perhatikan ruangan seperti di bawah tangga atau loteng. Dengan sudut yang tidak biasa, Anda bisa memanfaatkannya dengan membuat rak buku sesuai dengan tinggi ruangan tersebut hingga memberikan tampilan yang unik di rumah.

Membingkai Jendela

IdeMenyimpanBuku-BingkaiJendela 

Bingkai jendela dengan menaruh rak buku di samping jendela. Anda bisa duduk santai di dekat jendela sambil menikmati buku kesayangan.

Rak buku di samping tempat tidur

IdeMenyimpanBuku-TempatTidur 

Selain menggunakan headboard tradisional di tempat tidur. Anda bisa menggunakan rak buku untuk membuat tempat tidur lebih bergaya dan modern. Tambahkan lampu baca di sisi tempat tidur dan beberapa keranjang di bawah meja untuk menaruh kacamata atau pembatas buku.

Menyimpan buku memasak di dapur

IdeMenyimpanBuku-Dapur 

Jika Anda seseorang yang memiliki passion untuk memasak, simpan buku memasak favorit di tempat yang paling sering digunakan, yaitu di dapur. Manfaatkan rak dapur untuk menyusun buku-buku tersebut.

Fungsikan rak buku semaksimal mungkin

IdeMenyimpanBuku-FungsikanRak 

Di ruangan yang luas, Anda dapat menggunakan rak selain untuk menyimpan buku-buku juga sebagai pemisah ruangan. Letakkan buku yang kecil di bagian atas rak agar tidak menghalangi pandangan antar ruangan.

Menyimpan buku anak-anak

IdeMenyimpanBuku-RakAnak-anak 

Berikan tempat penyimpanan buku untuk anak-anak dengan rak yang sesuai dengan tinggi mereka. Simpan buku di rak paling atas untuk anak-anak yang sudah besar dan letakkan buku di rak yang lebih rendah untuk anak-anak yang lebih kecil.

Mita Agustina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini