Sukses


Awas, Area di Rumah Ini Sekotor Toilet!

Terkadang Anda lebih mementingkan kebersihan toilet, sampai kurang memerhatikan spot lainnya.

Liputan6.com, Jakarta Jika ditanya area mana di rumah yang menurut Anda paling banyak kumannya, Anda pasti akan menjawab toilet dan sekitarnya. Tak heran jika Anda melakukan berbagai cara agar kamar mandi dan toilet tetap bersih dan bebas kuman.

Bahkan, saking pedulinya Anda dengan kebersihan toilet, lokasi itu malah menjadi area paling wangi dan bersih di rumah Anda. Akibatnya, Anda pun kurang memerhatikan spot lainnya.

Dinukil dari Rumah.com, berikut ini beberapa area di rumah yang kadang sama kotornya dengan toilet.

Meja rias

Apakah Anda langsung membersihkan meja rias usai menggunakan? Biasanya meja rias digunakan saat pagi hari menjelang berangkat kerja. Akibat terburu-buru, Anda pun tak langsung membersihkannya. Meja rias pun digunakan kembali saat pulang kerja begitu Anda ingin membersihkan wajah.

Sayangnya, karena terlalu lelah, rencana membersihkan meja urung dilakukan. Padahal, serbuk kosmetik yang berjatuhan di atas meja berpotensi menimbulkan debu, bahkan membuat tungau ingin bersemayam di atas meja.

Sekitar kompor

Menggunakan dapur kotor dan kompor setiap hari, tidak berarti Anda boleh mengabaikan kebersihannya. Periksa bagian bawah kompor, bagian di sekitar api, meja kompor setiap kali Anda selesai menggunakan. Percikan minyak, bumbu dapur, atau kuah makanan yang dipanaskan akan membuat noda di sekitar meja, bahkan mengundang kecoa dan jamur. Jika dibiarkan, makanan yang Anda masak justru terpapar bakteri dan jamur tersebut.

Bagian atas lemari

Lantaran lokasinya yang tinggi dan susah digapai, Anda cenderung menunda membersihkan bagian atas lemari. Padahal, bagian atas lemari sering menjadi tempat berakhirnya debu yang berasal dari langit-langit. Debu yang menumpuk akan menyebabkan infeksi saluran pernapasan, apalagi jika debu tersebut tertiup angin yang masuk melalui jendela.

Pegangan pintu

Banyaknya orang yang menggenggam pegangan pintu—apalagi jika orang tersebut datang dari luar rumah—membuat kuman dan bakteri yang ada di tangan berpindah ke pegangan pintu itu. Bersihkan pegangan pintu setiap hari, lap dengan tisu atau serbet yang Anda gunakan untuk membersihkan meja atau kursi.

Dinding

Anda boleh saja sering mengepel lantai, tapi apakah Anda sering membersihkan dinding? Padahal, sarang laba-laba dan debu kadang menempel di dinding yang berpotensi menimbulkan alergi. Minimal, seminggu sekali bersihkan dinding Anda dengan menggunakan kemoceng atau lap. Dinding yang jarang dibersihkan juga akan cepat kusam dan mengelupas.

Tempat sampah

Bak sampah yang berada di halaman atau luar rumah biasanya tak tersentuh. Padahal, setiap hari bak sampah digunakan sebagai tempat meletakkan limbah rumah tangga dan bisa membusuk. Meski sampah sudah diambil oleh petugas kebersihan, tak jarang sisa sampah menempel di sekitar bak, sehingga mengundang lalat dan tikus penyebab diare.

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini