Sukses


Pilah-pilih Warna Cat Dinding untuk Rumah Minimalis

Beberapa perumahan baru banyak yang mengadopsi desain minimalis baik pada bagian interior dan eksterior ketika mendesain rumahnya.

Liputan6.com, Jakarta Karena ukurannya yang kecil, mendesain interior rumah minimalis gampang-gampang susah. Salah pilih, rumah justru akan terlihat sempit dan gerah.

Warna cat dinding tidak hanya sekedar penghias ruangan, namun juga berpengaruh pada mood penghuninya. Untuk itu Anda juga harus berhati-hati ketika memilih warna yang tepat.

(Baca juga: Warna Cat Dinding dan Pengaruhnya Terhadap Mood)

Beberapa perumahan baru mengadopsi desain modern minimalis baik pada bagian interior dan eksterior ketika mendesain rumahnya.

Menurut para ahli desain interior, Anda tidak perlu mengikuti kombinasi warna yang tengah menjadi tren, karena umumnya hanya bertahan sekitar enam bulan. Sebaliknya, pilih warna yang cocok dengan karakter dan pribadi Anda, sehingga ruangan lebih mencerminkan pemiliknya.

Meski bebas, namun Anda tidak bisa asal melakukan tabrak warna karena bisa membuat ruangan terkesan berantakan. Sebagai pemula, coba pilih warna yang bisa memberi efek lega pada ruangan. Berikut ini empat warna yang bisa Anda pilih untuk mengecat ruangan minimalis, dikutip dari Rumah.com

1. Warna netral

Ini adalah pilihan dasar bagi Anda yang tidak suka bereksperimen dengan warna warni. Kombinasi warna antara hitam, abu-abu, cokelat terang, putih dan krem bisa menjadi pilihan Anda.

Warna netral sangat fleksibel diterapkan pada setiap ruangan di rumah. Tapi, tidak di sarankan memilih hanya satu warna pada sebuah ruangan. Pilih minimal dua warna untuk menghias rumah minimalis Anda.

2. Ungu

Warna ungu seperti lilac atau lavender bisa memberi kesan nyaman dan relaks pada sebuah ruangan. Coba pilih warna ini untuk kamar tidur dan meja makan untuk ruangan bergaya minimalis. Anda juga bisa menambahkan nuansa warna ini pada bingkai jendela dan sebagainya.

3. Biru

Sama seperti ungu, biru juga memberi kesan tenang dan nyaman sehingga dapat menurunkan tekanan darah. Warna ini pas untuk kamar mandi dan kamar tidur di rumah minimalis Anda. Pilih warna biru terang yang di kombinasikan dengan biru gelap dan putih untuk membuat tampilan ruangan lebih segar.

4. Hijau

Warna hijau sangat menyegarkan mata, untuk itu warna ini pas diaplikasikan hampir di semua ruangan minimalis.

Tips mengaplikasikan warna cat minimalis

Warna-warna terang bisa juga diaplikasikan, namun hanya sebatas ornamen. Anda bisa menempatkannya di satu sisi tembok saja, atau pada daun pintu, dan sebagainya. Prinsipnya, jangan melebihi 15% dari total luas bidang dinding Anda.

Tidak ada salahnya bermain warna cerah, namun harus diingat, jangan terlalu banyak mengombinasikan warna cerah. Hal ini akan berakibat membuat rumah terlihat padat sempit.

Jika Anda benar-benar ingin mengombinasikan dua warna berbeda, di sarankan memilih satu warna utama saja. Warna lainnya bisa digunakan pada list plafon atau list bawah, pilar plafon, atau sebagian kecil dinding saja.

Sementara itu untuk area eksterior rumah minimalis, Anda bisa memilih warna yang sesuai dengan nuansa lingkungan agar tidak terlihat mencolok.

Misalnya jika banyak terdapat pohon dan tanaman hijau, Anda bisa pilih warna alam seperti biru atau hijau. Warna solid lebih disarankan ketimbang memilih warna neon atau pastel yang terlalu lembut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini