Sukses


Investasi Apartemen Dekat Kampus, Kenapa Tidak?

Tertarik menjadi juragan apartemen kost yang sukses? Berikut ini ada lima apartemen rekomendasi rumah.com dengan banderol mulai Rp190jutaan

Liputan6.com, Jakarta Apartemen menjadi salah satu jenis investasi yang cukup menggiurkan. Selain dari harga jual kembali (capital gain), Anda juga bisa mendapat pemasukan dengan menyewakannya.

Selain membidik lokasi dekat komersial dan pusat bisnis, Anda juga bisa mulai melirik area dekat kampus untuk menjadi target konsumen.

Belakangan ini, kawasan sekitar kampus perguruan tinggi bergengsi memang banyak menjadi sasaran pengembangan unit vertikal dari para pengembang. Selain kost-kostan, ternyata apartemen menjadi jenis hunian favorit di tengah para mahasiswa.

Tertarik menjadi juragan apartemen kost yang sukses? Berikut ini ada lima apartemen rekomendasi Rumah.com dengan banderol harga mulai dari Rp190 Jutaan.

Ayodhya Residence

Terletak di jantung bisnis Cikokol, Kota Tangerang, Ayodhya Residence merupakan salah satu proyek apartemen Alam Sutera yang menawarkan fasilitas lengkap dan harga terjangkau.

Dengan penawaran harga mulai dari Rp300 Jutaan untuk unit studio (29,5 m2), hunian vertikal berada di satu kawasan dengan kompleks ruko dan mal.

Selain jaraknya yang hanya 2,5 kilometer menuju pintu tol Serpong, hunian vertikal ini juga dikelilingi oleh fasilitas lengkap.

Mulai dari kolam renang dewasa dan anak, lapangan basket, taman bermain anak, athletic playground, shuttle bus, hingga sistem keamanan 24 jam.

Bagi Anda yang berniat menambah investasi, Anda dapat membidik para mahasiswa S1 hingga S2 yang berkuliah di kampus Universitas Pelita Harapan (7,5 km), Universitas Muhammadiyah Tangerang (1,4 km) dan Universitas Bina Nusantara (4,8 km) yang mencari unit untuk disewa. Rata-rata harga sewanya dibanderol Rp1,5 juta sampai Rp2 juta per bulan.

AdeDe Park & Apartment Jatinangor

Banyaknya perguruan tinggi di sekitaran Jatinangor membuka peluang investasi properti yang menjanjikan, salah satunya adalah hunian vertikal.

Salah satu yang patut menjadi incaran adalah ADEDE Park & Apartment yang berlokasi dekat dengan Institut Teknologi Bandung, Universitas Padjajaran, dan Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri.

ADEDE Park & Apartment Jatinangor terdiri dari 11 tower di lahan seluas 2 hektar. Masing-masing memiliki 4 lantai dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti shuttle bus, amphitheater, dan koneksi Wifi.

Selain itu, alun-alun untuk kegiatan outdoor, CCTV di berbagai titik lokasi kawasan & di setiap lantai gedung, pintu akses masuk gedung di lengkapi security key, sarana-prasarana olahraga & ibadah, ruangan belajar bersama di setiap lantai apartemen.

Lokasi apartemen dekat dengan jalan tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) yang sedang dikerjakan, sehingga tentu saja menjadi salah satu pilihan investasi yang sangat menguntungkan. Harga jualnya ditawarkan mulai dari Rp200 jutaan per unit.

Apartemen Margonda Residence III, IV & V

Sebagai lokasi primadona Depok, Jalan Margonda Raya adalah titik investasi apartemen yang sangat menjanjikan.

Berbeda dengan apartemen kampus kebanyakan, Apartemen Margonda Residence di lengkapi oleh akses langsung menuju mal Dmall.

Namun akses menuju beberapa kampus unggulan juga relatif dekat. Seperti Universitas Indonesia (500 meter), Universitas Gunadarma (300 meter) dan Universitas Pancasila (5 km).

Selain fasilitas shuttle bus, apartemen ini juga dekat mengakses tol Tanjung Barat, Terminal Bus dan Stasiun Kereta Api Depok Baru. Dengan harga mulai dari Rp450 juta untuk unit studio seluas 24,75 meter persegi, apartemen ini menjanjikan harga sewa unit mulai dari Rp2,5 juta perbulan.

Jogja One Park

Mengambil lokasi di Jalan protokol Laksda Adisucipto yang menghubungkan Jogja-Solo, apartemen superblok ini hanya berjarak 1,8 km dari Bandara Internasional Adisucipto.

Untuk Anda yang ingin berinvestasi, di sekitar hunian vertikal ada beberapa kampus unggulan. Seperti Universitas Negeri Gadjah Mada (6,6 km). Universitas Islam Sunan Kalijaga Yogyakarta (3,7 km).

Ada juga Universitas Atma Jaya Jogjakarta dan UPN Veteran Yogyakarta Kampus Unit II yang jaraknya kurang dari 2 kilometer dari JogjaOne.

Apartemen ini menjual tipe Kalyani seharga Rp688 Juta untuk unit studio (31 m2) dan Rp1,1 Miliar untuk 2 bedroom (52 m2).

Bagi Anda yang ingin menyewakan kembali unit apartemen JogjaOne Park, harga sewanya bisa mencapai sekitar Rp3 hingga Rp4 juta perbulan untuk satu bedroom.

Mengenai capital gain, Dion Susilo selaku sales manager dari JogjaOne Park memaparkan kenaikannya bisa mencapai 15 persen per tahun.

Apartemen Dramaga Tower

Menjadi bagian dari proyek Dramaga City seluas 2,8 hektar, Apartemen yang terletak di jalan Raya Dramaga ini berjarak kurang dari 1 km menuju pintu gerbang Institut Pertanian Bogor (IPB).

Terdapat beberapa fasilitas terdekat seperti water park, mall, kondotel, hotel, taman edukasi dan shuttle bus. Selain itu ada terminal APTB menuju Rawamangun dan Blok M, serta akses jalan tol BORR yang menghubungkan ke Jagorawi.

Menurut informasi pengembang, perkiraan nilai investasinya dapat berkembang hingga 30 – 35% per tahun, dengan harga sewa minimal Rp1,5 juta perbulan dengan target mahasiswa IPB.

Soal harga, terdapat promo cicilan tanpa bunga uang muka (4 kali) dan tunai bertahap (60 kali). Menjelang bulan Ramadhan mereka memasang banderol harga mulai Rp190 juta untuk luas 21 meter persegi (studio). Anda tertarik?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.