Sukses


Agar Rumah Selalu Bersih, Lakukan 6 Hal Ini!

Mungkin selama ini Anda rajin membersihkan rumah, namun sering kali kurang efektif.

Liputan6.com, Jakarta Mungkin selama ini Anda rajin membersihkan rumah, namun sering kali kurang efektif. Agar rumah selalu bersih, simak enam tips sederhana dari Rumah.com berikut yang dapat langsung Anda praktikkan.

Rapikan tempat tidur

Pastikan tempat tidur bersih tanpa banyak pernak-pernik di atasnya. Rapikan segera setelah Anda bangun tidur. Dengan cara ini kamar tidur akan langsung terlihat rapi dan Anda hanya membutuhkan waktu beberapa menit untuk menyelesaikannya. Jangan lupa, ajarkan juga anak-anak Anda untuk merapikan tempat tidur.

Langsung merapikan barang

Gunakan mekanisme ini mulai hari ini dan pastikan hal ini juga dilakukan seluruh anggota keluarga. Sebenarnya prinsip ini sederhana namun sulit untuk konsisten. Bisa dipastikan jika Anda terbiasa membereskan langsung satu barang akan lebih banyak menghemat waktu, daripada Anda membereskan seluruh barang-barang yang berserakan.

Setiap hari selalu ada yang dibersihkan

Tidak perlu memaksakan diri untuk menyelesaikan semua pekerjaan rumah dalam satu hari. Yang penting Anda konsisten dalam membersihkan rumah setiap hari dan memiliki rutinitas yang sederhana di rumah karena hal ini merupakan rahasia dari rumah yang selalu rapi dan bersih.

Bereskan surat-surat setiap hari

Pikirkan sistem seperti apa yang dapat Anda berlakukan di rumah bersama anggota keluarga lain dalam menyimpan dokumen-dokumen, surat-surat atau kertas coretan anak. Buang brosur iklan atau kertas yang tidak digunakan. Buka langsung surat-surat yang datang ke rumah seperti surat tagihan. Anda dapat mendaur ulang kertas bekas yang ada dan memajang hasil karya anak-anak di tempat tertentu.

Lap dan bersihkan setiap permukaan

Terdengar sangat sederhana bukan? Tapi kenyataannya untuk melakukan ini Anda membutuhkan banyak usaha. Mulai dengan membersihkan permukaan meja dapur, dan lap permukaan meja makan setiap selesai waktu makan. Ketika Anda merasa semua pekerjaan di dapur sudah selesai, Anda dapat mengecek permukaan kamar mandi. Bereskan tutup odol yang terbuka, atau kembalikan perlengkapan mandi ke tempat semula. Lap permukaan bak mandi atau wastafel jika diperlukan.

Cuci piring dan bersihkan saluran pembuangan

Di penghujung hari, terkadang kita merasa lelah untuk mencuci piring–piring dan memasukkannya ke dalam rak. Walaupun terkesan menjengkelkan, namun pekerjaan di malam hari seperti mencuci piring, mengelap meja dapur dan meja makan dan menggosok saluran pembuangan di tempat cuci piring dapat membuat pekerjaan Anda di pagi hari terasa lebih sedikit.

Mita Agustina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.