Sukses


Tips Lenyapkan Aroma Tak Sedap dari Dapur

Untuk menghilangkan ‘bau dapur’ dari rumah Anda, lakukan trik ini.

Liputan6.com, Jakarta Aroma masakan tak selamanya nyaman untuk dihirup. Beberapa jenis masakan, seperti ikan atau hidangan seafood lainnya, kadang menyisakan bau amis yang tak sedap. Apalagi jika sisa bahan atau sisa makanan tak langsung Anda buang ke luar rumah. Akibatnya, seluruh isi rumah menjadi berbau tak sedap.

Aroma bumbu pun tak selalu nyaman untuk terus-menerus dihirup. Bawang, merica, dan pala justru bisa membuat Anda menjadi tak nyaman saat berada di dalam rumah. Untuk menghilangkan ‘bau dapur’ dari rumah Anda, lakukan trik dari Rumah.com ini.

Gunakan cuka

Campur 10 tetes cuka dengan setengah gelas air, lalu letakkan di sudut dapur. Cuka akan menyerap bau amis setelah selesai memasak ikan. Jika Anda ingin baunya segera hilang, letakkan di beberapa tempat di dapur Anda.

Bersihkan peralatan memasak

Jangan malas membersihkan seluruh peralatan memasak yang sudah Anda gunakan. Rendam peralatan yang terbuat dari kayu dengan air panas, agar sisa ikan atau daging keluar dari celah-celahnya. Biasanya sisa makanan yang tak langsung dibersihkan akan menyebabkan dapur dan rumah menjadi berbau amis.

Gunakan kayu manis

Ambil beberapa potong kayu manis lalu pangganglah di atas wajan tanpa minyak. Biarkan aromanya menguar memenuhi ruangan. Aroma kayu manis biasanya cukup tajam, sehingga ampuh menghilangkan aroma bumbu atau ikan. Aroma kayu manis akan membuat rumah Anda seperti aroma bakery yang nyaman.

Jangan menimbun sampah

Bedakan sampah sisa bahan makanan dan sisa makanan dengan sampah kering. Sampah kering tak masalah jika Anda biarkan hingga tempat sampah penuh dan baru dibuang. Tapi, sampah sisa makanan dan bahan makanan sebaiknya tidak disatukan dengan sampah kering, melainkan masukkan dalam wadah lainnya lalu langsung buang dari dalam rumah. Lalu, semprotkan antihama di sekitar pembuangan sampah sisa makanan agar tak mengundang tikus.

Rebus lemon

Iris-iris 3-4 buah lemon lalu rebus di dalam panci dan biarkan tutup panci terbuka. Uap yang dihasilkan rebusan buah lemon akan menghilangkan aroma tak sedap di dapur Anda. Air rebusan lemon pun sebaiknya tak dibuang, Anda masih bisa mengonsumsinya atau menggunakannya untuk mencuci peralatan masak. Selain lemon, Anda juga bisa menggunakan daun mint yang rebus untuk menghilangkan aroma tak sedap.

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini