Sukses


10 Kegunaan Gel Silika di Rumah Anda

Anda mungkin mengira manfaatnya hanya untuk membuat sepatu lebih awet saat disimpan. Padahal, gel kecil ini memiliki banyak manfaat lainnya.

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda mengunjungi supermarket khusus perlengkapan rumah atau toko yang menyediakan barang kebutuhan rumah tangga, gel silika kerap Anda jumpai.

Anda mungkin mengira manfaatnya hanya untuk membuat sepatu lebih awet saat disimpan. Padahal, gel kecil ini memiliki banyak manfaat lainnya. Berikut ini 10 kegunaan gel silika seperti dikutip dari Rumah.com:

1. Pengharum ruangan

Rendam gel silika ke dalam essential oil selama 10-15 menit. Lalu, masukkan gel silika yang sudah direndam tersebut ke dalam kantung kecil yang berpori dan gantunglah di dekat AC. Ruangan Anda akan menjadi lebih segar dan harum dengan gel silika ini. Apalagi gel silika juga menyerap bau tak sedap, seperti bau hewan peliharaan dan bau sepatu yang ada di dalam ruangan.

2. Menjaga penyimpanan dokumen

Dokumen penting seperti paspor, surat nikah, akte kelahiran, dan ijazah sering menggunakan kertas yang mudah usang dan sobek atau hancur karena termakan usia. Biasakan untuk menyimpannya di dalam lemari dan masukkan beberapa gel silika di pinggir tempat penyimpanan itu. Gel silika akan mencegah kertas teroksidasi sehingga tak mudah rusak atau sobek.

3. Menjaga lensa kamera agar tetap kering

Susah payah Anda membeli kamera yang harganya cukup mahal, masa, sih, Anda menyimpannya seenaknya. Masukkan kamera ke dalam wadah penyimpanan dan tambah gel silika di dalamnya. Gel silika akan menjaga lensa tetap kering sehingga mencegah jamur menempel di sisi-sisi lensa. Gel silika juga akan menyerap sisa udara yang masih melekat di sekitar lensa yang akan menyebabkan lensa menjadi buram dan berjamur.

4. Menjaga pakaian dari lembap

Ada saja beberapa pakaian yang tak langsung Anda cuci setelah satu kali digunakan. Menyimpannya di luar lemari tentu malah menyebabkan pakaian menjadi lembap dan beraroma tak sedap. Setrika pakaian Anda, lipat, dan masukkan ke dalam lemari serta tambahkan gel silika. Gel ini akan mencegah pakaian menjadi lembap dan berbau lemari. Gel silika juga mencegah timbulnya warna kusam pada pakaian berwarna cerah, seperti putih.

5. Pertolongan untuk ponsel basah

Ketika tak sengaja Anda menumpahkan minuman pada ponsel, segera lepaskan baterai ponsel dan letakkan seluruh handset ke dalam gel silika. Gel akan menyerap seluruh cairan yang menempel pada ponsel sehingga ponsel dapat digunakan kembali.

6. Membuat buku tetap utuh

Tak jauh berbeda dengan dokumen, buku yang terlalu lama disimpan, kertasnya akan berubah menjadi kecokelatan dan rapuh. Simpan buku-buku serta album foto Anda di dalam rak lalu tambahkan gel silika untuk mencegah kertasnya berjamur.

7. Bikin pisau cukur lebih awet

Menyimpan pisau cukur yang sudah digunakan di kamar mandi akan membuat pisaunya cepat berkarat. Simpan pisau cukur di dalam wadah yang sudah ditambahkan gel silika untuk menyerap sisa air yang masih menempel pada pisau. Hal ini akan mencegah pisau cukur cepat berkarat.

8. Menjaga keutuhan perhiasan

Beberapa perhiasan yang menggunakan perak sebagai bahan utama cenderung mudah berubah warna jika disimpan. Pasalnya, udara lembap membuat warnanya memudar atau mengubahnya menjadi lebih gelap. Gel silika akan mencegah perhiasan menjadi lembap dan menjaganya tetap kering dan berkilau.

9. Mencegah timbunan es

Masukkan secangkir gel silika ke dalam kulkas untuk mencegah timbunan es di bagian freezer. Gel silika juga menjaga sayuran dan buah yang disimpan di dalam kulkas tetap kering sehingga tetap renyah saat dikonsumsi.

10. Mengawetkan bumbu dapur

Simpan biji-bijian organik, bahan makanan, dan bumbu dapur dalam wadah yang sudah ditambah gel silika untuk mencegahnya berjamur atau berbau apak.

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini