Sukses


Agar Kucing Tak Merusak Peralatan Rumah

Agar hal ini tak terjadi pada Anda, lakukan trik berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Saat Anda ingin memiliki hewan peliharaan, kucing menjadi salah satu pilihannya. Tak hanya menjadi teman Anda selama di rumah, dengan perawatan yang baik, kucing akan menjadi hewan yang bersih dan dapat dipeluk setiap saat.

Tapi, memelihara kucing ternyata banyak masalahnya, misalnya rusaknya furnitur di rumah Anda. Mulai dari keset yang hancur hingga sofa yang sobek akibat menjadi lokasi favoritnya mengasah kuku.

Agar hal ini tak terjadi pada Anda, lakukan trik yang dikutip dari Rumah.com berikut.

Buat Rak Khusus Kucing

Kucing cenderung menyukai tempat yang berada di ketinggian. Bagi kucing, lokasi ketinggian memudahkannya mengintai mangsanya karena berburu adalah salah satu sifat alami yang susah ditinggalkannya. Jangan heran jika kucing hobi menaiki kulkas atau lemari Anda.

Untuk menghindarinya, buatlah rak khusus kucing. Misalnya, dengan memasang rak di tembok yang berundak-undak agar kucing menggunakannya saat ingin berada di tempat yang tinggi. Rak ini juga akan mempercantik rumah Anda.

Lapisi Peralatan Rumah

Jika Anda tak ingin kucing mengasah kukunya di sofa atau keset Anda, buatlah tiang tinggi yang dilapisi tali tambang sebagai lokasinya mengasah kuku. Melihat Anda sudah menyediakan tempat khusus baginya, kucing akan berhenti merusak sofa atau dinding Anda.

Sediakan Boks Kotoran

Kucing sebenarnya hewan yang bersih. Sediakan dua buah boks kotoran untuk seekor kucing agar dia tak seenaknya membuang urin atau kotoran di sudut rumah Anda. Sediakan pasir di dalam boks tersebut.

Cara lain untuk menghentikan kucing yang gemar membuang urin di rumah Anda adalah dengan mensterilkannya. Soalnya, meninggalkan urin adalah salah satu cara kucing untuk menunjukkan kejantanannya sekaligus menandakan wilayahnya.

Siapkan Ranjang atau Kandang

Jangan membiasakan kucing tidur seranjang dengan Anda. Bulu binatang yang rontok akan tertimbun di kasur sehingga mengundang munculnya kutu kasur. Siapkan kandang atau bantal tidur sebagai lokasi tidurnya.

Dalam situs dreams.co.uk disebutkan, 63% pemilik hewan peliharaan yang tidur dengan hewannya akan mengalami gangguan tidur. Anda tentu tahu kucing sering mendengkur selama tidur, dan hal ini akan membuat Anda terbangun di tengah malam.

Semprotkan Pengharum Ruangan

Bersihkan lantai rumah Anda setiap minggu dengan cairan pembersih lantai yang mengandung antikuman. Lalu semprotkan pengharum ruangan di sekitar sofa, ranjang, dan peralatan rumah tangga lainnya.

Aroma wangi, terutama aroma karbol akan membuat kucing menjadi tak nyaman untuk melakukan aktivitas di dalam rumah—seperti mengasah kuku. Dia pun akan memilih barang di luar rumah sebagai lokasi panjat dan mengasah kukunya.

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini