Sukses


Jangan Lakukan Kesalahan Ini Sebelum Tidur

Kesalahan inilah yang kerap dilakukan jika Anda terburu-buru tidur yang mengakibatkan tidur menjadi tak nyaman.

Liputan6.com, Jakarta Saking lelahnya bekerja, seringkali begitu melihat ranjang, Anda rasanya ingin langsung merebahkan diri. Apalagi jika Anda baru saja menyelesaikan berbagai tugas kerja hingga larut malam.

Tanpa sadar, Anda sudah tenggelam di balik selimut. Namun, meski tubuh superpegal karena harus lembur, tak berarti Anda bisa seenaknya membenamkan diri di ranjang tanpa memerhatikan kondisi ranjang dan kamar.

Dikutip dari Rumah.com, kesalahan inilah yang kerap dilakukan jika Anda terburu-buru tidur yang mengakibatkan tidur menjadi tak nyaman.

Membiarkan TV Menyala

Biasakan mematikan dahulu TV Anda, atau jika Anda tahu bahwa nantinya akan tertidur, pasanglah timer TV Anda. Pasalnya, pancaran sinar biru dari TV Anda akan menyilaukan mata, sehingga Anda susah untuk tidur nyenyak.

Apalagi, selama tidur, otak sebenarnya tetap bekerja menjalankan sistem metabolisme tubuh, namun tidak seaktif di siang hari. Dengan menyalakan TV, otak kembali terangsang untuk menerima informasi dan mengolahnya.

Tidak Membersihkan Seprai Ranjang

Meski ranjang dalam keadaan rapi, bersihkan dahulu permukaan seprai dengan sapu lidi kecil. Hal ini untuk mencegah adanya tungau dan debu yang melekat di seprai dan kasur Anda. Pasalnya, jika dibiarkan, debu akan menyebabkan gatal dan ruam pada kulit.

Lupa Mengubah Penerangan Kamar

Sama halnya dengan lupa mematikan TV, akibat terlalu letih Anda sampai lupa mematikan lampu kamar atau mengubah penerangan menjadi lebih temaram. Tidur dengan lampu menyala menyebabkan jam biologis tubuh terganggu. Jika terjadi terus-menerus Anda akan mengalami gangguan tidur bahkan berisiko terserang penyakit kardiovaskular.

Tidak Mengecek Posisi Bantal

Selelah-lelahnya Anda, tepuk-tepuklah permukaan bantal yang Anda gunakan agar kondisinya lebih tebal dan nyaman saat kepala Anda menyandar di atasnya. Lalu, tidurlah dalam posisi telentang dan luruskan kaki Anda untuk menghilangkan pegal.

Kadang, karena keinginan untuk segera tidur sangat besar, Anda tidak memerhatikan kondisi bantal dan memilih tidur dalam posisi tengkurap. Tak hanya menyebabkan leher terasa nyeri saat bangun pagi, selama tidur pun Anda tak bisa bernapas dengan leluasa.

Malas Mandi

Merasa sepanjang hari berada di ruangan AC, Anda pun memilih hanya membersihkan wajah saja sebelum tidur. Padahal, selama tidur Anda tetap mengeluarkan keringat, sehingga sel kulit mati dan keringat bertumpuk di kulit Anda. Kebiasaan ini akan membuat seprai menjadi lebih cepat lembap dan berbau tak sedap.

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.