Sukses


Jurus Beli Rumah dengan Bujet Minim

Untuk Anda yang punya tabungan khusus untuk rumah meski nominalnya tak terlalu besar, ada beberapa kiat yang bisa ditiru. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta Dana yang pas-pasan bukan menjadi halangan untuk memiliki rumah sendiri. Pemerintah sendiri sudah membuat kebijakan khusus untuk mendorong kepemilikan rumah. Tinggal bagaimana Anda pandai memanfaatkannya.

Sejak tahun lalu, Pemerintah menjalankan kebijakan yang dikenal dengan nama Program Sejuta Rumah. Kebijakan ini mempermudah proses pemilikan rumah untuk kalangan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), salah satunya dengan cicilan rendah bunga tetap dan DP rendah.

Selain itu, ada beberapa metode alternatif yang bisa diikuti. Inilah ulasan Rumah.com untuk Anda.

Rumah Subsidi

Program Sejuta Rumah untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), dapat menjadi solusi untuk Anda yang ingin punya rumah namun penghasilan atau dana terbatas.

Akan tetapi perlu dicamkan, rumah subsidi ini hanya boleh dimiliki oleh masyarakat yang berpendapatan Rp2,5 juta – Rp4 juta per bulan. Selain itu, kepemilikan rumah subsidi hanya boleh dilakukan dengan sistem KPR bukan dibeli dengan tunai keras (hard cash) maupun tunai bertahap (installment).

Untuk Anda yang tertarik membeli rumah subsidi terutama di kawasan Bogor dan Bekasi bisa klik di sini. Sedangkan untuk area Jawa Tengah daftarnya ada di sini.

Rumah Oper Kredit

Membeli rumah baru memang banyak keuntungannya, mulai dari kondisi yang masih terawat, ada perlindungan asuransi, harga tanah dan bangunan yang jelas, serta desain yang bervariasi. Kendati demikian, bukan berarti rumah seken oper kredit tak punya benefit tersendiri.

Membeli rumah yang sedang dicicil atau take over kredit juga terbilang sangat menguntungkan, karena tidak jarang si penjual sedang butuh uang sehingga harga rumah bisa lebih miring.

Pihak perbankan pun melihat ini sebagai pangsa pasar yang prospektif, sehingga biasanya memberi banyak kemudahan, terutama bagi nasabah yang dinilai bankable. Sebelum memutuskan untuk membeli rumah oper kredit, kenali dan pahami langkah-langkah yang harus Anda lampaui.

Rumah Murah di Kawasan Penyangga

Meski lokasinya cukup jauh dari pusat Kota Jakarta, namun kawasan penyangga kini menjadi buruan masyarakat yang membutuhkan rumah dengan harga terjangkau. Pilihannya tersebar di Bekasi, Tangerang, Serpong, Depok, dan Cibubur.

Harga yang dibanderol pun bervariatif, kisaran Rp200 juta hingga Rp400 juta untuk rumah tapak satu lantai tipe sederhana. Apalagi rata-rata rumah ini berada di lingkungan klaster yang dibangun oleh pengembang, sehingga umumnya dilengkapi fasilitas minimal keamanan 24 jam.

Rumah Tua

Solusi berikut ini memerlukan pertimbangan yang cukup matang. Memang, harga rumah tua biasanya dijual relatif murah terlebih jika lokasinya berada di wilayah yang kurang strategis. Peluang seperti inilah yang bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan rumah dengan bujet terbatas.

Tetapi cermati juga kondisi kerusakan yang ada di rumah tersebut, dan perhitungkan berapa tambahan biaya yang diperlukan untuk merenovasinya. Gunakan strategi ini untuk menawar harga rumah lebih rendah.

Berkunjung ke Pameran Properti

Tak ada salahnya menghabiskan waktu libur akhir pekan dengan mengunjungi pameran properti yang diadakan di sekitar tempat tinggal Anda.

Karena siapa tahu, di sana ada booth salah satu developer yang tengah memasarkan rumah murah sesuai kocek yang Anda sanggupi, bahkan promo yang menggiurkan.

Foto: Pixabay

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini