Sukses


Simak! Tiga Perumahan Murah di Cikarang

Cushman & Wakefield: nilai penjualan perumahan untuk kelas menengah merupakan segmen yang paling diminati

Liputan6.com, Jakarta Hadirnya berbagai kawasan industri di Cikarang seperti East Jakarta Industrial Park (EJIP), Kawasan industri Jababeka, kawasan industri Lippo, kawasan industri Delta Mas, dan lain-lain, ternyata mendorong pembangunan ruman yang dapat memenuhi segmentasi pasar kelas menengah.

Adanya sebuah agenda integrasi ekonomi negara-negara ASEAN (MEA), diprediksikan kawasan sekitar Cikarang akan menampung total ekspatriat mencapai 15.000 orang. Dilansir dari Rumah.com, Cushman & Wakefield, Konsultan Properti menyatakan dengan jumlah tersebut, maka potensial market rental yang ada di kawasan Cikarang dan sekitarnya sangat kuat sekali.

Kendati hunian-hunian di Cikarang berpotensi untuk disewa oleh banyak ekspatriat, bukan berarti perumahan di kawasan ini sepi peminat.

Masih berdasarkan data Cushman & Wakefield, nilai penjualan perumahan untuk kelas menengah merupakan segmen yang paling diminati selama semester II-2015, yakni sebesar 34,2% dari total transaksi yang terjadi, diikuti segmen menengah bawah 29,9%.

Adapun tipe rumah yang diminati konsumen adalah tipe dengan luas banguna 45m2 – 96m2 dan luas tanah 60m2 – 112m2. Harga penawaran untuk tipe-tipe rumah tersebut berkisar Rp750 juta – Rp1,6 miliar. Sungguh penawaran harga yang fantastis, bukan?.

Namun, Anda tidak perlu khawatir, akan nilai jual yang tinggi tersebut. Berikut tiga referensi perumahan yang bisa Anda pilih sebagai rumah masa depan.

1. Debang Cikarang Residence

Perumahan Debang Cikarang Residence menawarkan desain rumah minimalis yang memenuhi target untuk pangsa para menengah. Fasilitas yang disediakan antara lain tempat ibadah, arena bermain, CCTV , arena olahrga, dan tempat ibadah.
Perumahan pertama adalah Debang Cikarang Residence. Lokasi perumahan ini sangat dekat dengan kawasan industri, khususnya Panasonic Electric Works Gobel Manufacturing, yakni di Jalan Pintu Air Bilong Cikarang.

Perumahan hasil karya dari perusahaan pengembang ADD Group ini menyediakan 49 unit rumah dengan tipe 36/72. Harga setiap unit rumah dipatok mulai dari Rp360 juta. Kendati menawarkan harga terjangkau, pengembang juga menyediakan fasilitas dalam perumahan seperti security 24 jam, CCTV, tempat ibadah, arena bermain, dan arena olahrga.

Tidak hanya dekat dengan Panasonic Gobel Manufacturing, perumahan ini juga berada sekitar 8.5 kilometer atau sekitar 24 menit lama waktu perjalanan.

Jarak lokasi Perumahan Debang Cikarang Residence dengan Kawasan Jababeka.
Potensi ini juga cukup menjanjikan, sebab jika Anda membeli satu unit rumah ini dan hendak menjualnya kembali, pihak pengembang bisa measumsikan kenaikan nilai jual sebesar di atas 12% dari harga jual pertama.

Apalagi seiring waktu akan bisa dilalui oleh jalur commuter line untuk jalur Jabodetabek di tahun mendatang. Tentu, lokasi perumahan ini bisa menjadi pilihan tepat untuk berinvestasi.

2.Cita Villa Cikarang

Perumahan Cita Viile Cikarang menyediakan fasilitas berupa memiliki fasilitas taman cendikia, perpustakaan, balai warga, taman sehat, ruko, rukki.
Kedua adalah Perumahan Cita Villa Cikarang. Perumahan ini menyediakan 200 unit yang terdiri rumah hunian, rumah kos, rumah kios, dan dan rumah toko. Adapun untuk rumah hunian, PT. Midas Citra Mandiri – selaku pengembang – menyediakan rumah dengan tipe 36/60 dan 36/72.

Lokasi perumahan ini dengan Kawasan Deltamas berada radius 8,9 kilometer atau sekitara 21 menit lama waktu perjalanan. Keunikan dari perumahan ini adalah pihak pengembang memberikan kenaikan harga yang pasti sebesar 25% selama lima tahun sekali.

Jarak lokasi perumahan Cita Ville Cikarang dengan Kawasan Industri Deltamas.
Kenaikan tersebut, juga dipertimbangkan karena lokasi yang berdekatan dengan Kawasan Industri, sehingga mendorong pekerja pabrik dan perusahaan untuk membeli rumah atau menyewa rumah di daerah tersebut.

Sehingga pengembang pun menyediakan rumah yang dikhususkan untuk disewa. Namun, harga Rukos Cita Ville Cikarang Rp700 juta-an. Harga tersebut cukup tinggi jika dibandingkan dengan harga jual rumah seharga Rp418 juta – Rp490 juta.

Untuk itu, apabila Anda terkendala budget, Anda bisa mensiasatinya dengan membeli unit rumah. Saat ini harga kosan atau rumah sewa di sana berkisar Rp500 ribu – Rp600 ribu per bulan. Apabila pembangunan infrastruktur pendukung seperti revitalisasi Stasiun lemah Habang, dapat diramalkan akan meningkatan harga sewa hingga harga jual sebesar 15% per tahun.

3. Green Sentosa Asri Cikarang

Perumahan Green Sentosa Asri Cikarang menyediakan fasilitas Sarana olahraga, taman bermain, kolam pemancingan, trek jogging, sarana ibadah, taman kanak-kanan /PAUD, sistem cluster dan one gate sistem.
Perumahan ketiga adalah Green Sentosa Asri Cikarang. Perumahan ini berada di Jalan Raya Pilar Sukatani Karang Sentosa, Cikarang Utara. PT. Sakura Sejahtera – selaku pengembang – menyediakan 400 total unit rumah dengan berbagai tipe.

Saat ini tipe perumahan yang sedang dilakukan pembangunan adalah tipe 36/72. Harga jual untuk tipe ini adalah Rp235 juta. Fenomena menarik dari lokasi perumahan ini adalah, adanya kenaikan harga yang terjadi sebanyak 3-4 kali selama setahun yang mencapai 5%.

Kenaikan tersebut juga ditunjang dengan jarak yang masih bisa dijangkau menggunakan kendaraan pribadi yakni sejauh 13,3 kilometer atau sekitar 33 menit lama waktu perjalanan.

Jarak lokasi perumahan Green Sentosa Asri Cikarang dengan Kawasan Industri Jababeka.
Kawasan Jababeka sendiri telah menarik pekerja mereka untuk tinggal di kawasan Cikarang baik untuk menetap atau hanya sekedar sementara. Bagi pekerja yang sementara mereka akan menyewa rumah dengan kisaran harga Rp600 ribu per bulan. Nah, dengan kenaikan harga yang mencapai 5% tadi, diprediksikan dapat meningkatkan harga sewa.

Feature picture: pixabay.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini