Sukses


Cara Unik Tempatkan Tanaman Herbal di Rumah

Jenis tanaman herbal yang bisa ditanam dalam pot meliputi seledri, kemangi, lidah buaya, sirih, daun dewa, kunyit, hingga jahe.

Liputan6.com, Jakarta Ada begitu banyak cara yang bisa dilakukan agar suhu udara di rumah selalu sejuk dan sehat. Salah satunya dengan memperbanyak tanaman. Kian sehat lagi, kalau yang Anda tanam adalah tanaman obat-obatan atau herbal.

Dalam proses fotosintesis atau ‘memasak makanannya’, tumbuhan menyerap gas karbondioksida dalam prosesnya dan mengeluarkan oksigen.

Fungsi lainnya, tumbuhan mampu membersihkan udara yang kotor akibat polusi udara asap kendaraan bermotor, asap rokok, gas-gas jahat yang meliputi nitrogen, amonia, sulfur dioksida dan ozon. Debu atau kotoran kemudian disaring dengan mengikatnya pada daun dan ranting.

Nah, bagi Anda yang tengah bingung menentukan tumbuhan apa yang layak diletakkan di dalam rumah dan bisa ditanam dalam pot, tanaman herbal atau tanaman obat sepertinya dapat dipertimbangkan.

Selain bisa mempercantik suatu ruang karena warna hijau daunnya yang segar, tanaman herbal juga berguna untuk bumbu pelengkap masakan.

Tak hanya itu, sejumlah tanaman herbal pun dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit mulai dari yang ringan hingga berbahaya.

Akan tetapi tidak semua jenis tanaman herbal dapat ditanam dalam pot. Beberapa yang berukuran besar seperti ubi tiongkok, hanya bisa ditanam pada area tanah pekarangan.

Jenis tanaman herbal yang bisa ditanam dalam pot meliputi seledri, kemangi, lidah buaya, sirih, daun dewa, kencur, kunyit, jahe, serta temulawak. Ukuran batang dan daunnya yang sedang, memungkinkan berbagai jenis tanaman ini ditempatkan dalam pot kecil.

Lalu di manakah spot (area) yang pas untuk meletakkan pot tanaman herbal? Dilansir dari housebeautiful.com berikut rangkuman idenya.

Kabinet dapur. Anda dapat menggantung dua atau tiga pot kecil di salah satu sudut kabinet yang mudah terlihat. Nampak pada gambar pot digantung dekat bak cuci piring, guna memudahkan Anda saat membutuhkan daunnya untuk bumbu masakan.

Sudut dapur. Bosan dengan tampilan pot yang biasa-biasa saja? Anda bisa mengambil kuas cat air lalu beri label nama yang sesuai dengan jenis tanamannya. Agar tak terkesan ramai, jangan tempatkan lebih dari lima pot di satu sudut.

Rumah kaca mini. Ide lain yang bisa ditiru adalah membuat rumah kaca mini dan tempatkan beberapa pot berukuran kecil disana. Supaya terekspos sinar matahari langsung, Anda dapat menaruhnya dekat jendela.

Jendela kamar tidur. Tak melulu harus pot, tanaman herbal juga bisa ditanam pada media lain yang serupa seperti toples kaca. Cari toples yang telah dilengkapi pegangan, lalu gantung pada teralis jendela kamar tidur Anda atau ruang lain yang diinginkan.

 Ruang makan. Pot kayu yang unik dan futuristik ini juga bisa menjadi pilihan agar tanaman herbal Anda terlihat semakin menarik. Letakkan di salah satu sisi ruang makan, lalu beri alas berupa piring plastik ukuran persegi panjang.

 Dinding dapur. Sebenarnya tak harus di dapur, Anda juga bisa menempatkan karya tanaman herbal seperti ini pada ruang tamu bahkan ruang keluarga. Dijamin, Anda bakal memiliki dekorasi ruangan yang berbeda!

 Dinding ruang makan. Dekorasi di ruang makan sangat minim? Coba tempatkan beberapa tanaman yang herbal dalam gelas aluminium, lalu pasang pada papan kayu bergaris.

Kamar mandi. Siapa sangka tanaman obat juga bisa diletakkan pada jendela kamar mandi. Asalkan, pasokan cahaya matahari cukup dan kelembaban tak memengaruhi pertumbuhan tanaman. Psst.. kreasi pot dari botol bekas seperti ini cocok dicoba, lho!

Artikel ini juga diadaptasi dari laman Rumah.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.