Sukses


Cara Membersihkan Tangki Air di Rumah

Padahal, sebenarnya toren air sebaiknya dibersihkan secara berkala minimal 3 – 6 bulan sekali.

Liputan6.com, Jakarta Toren atau tangki air memiliki fungsi untuk menampung air sebelum digunakan untuk rutinitas sehari-hari. Saat ini penggunaan toren air oleh masyarakat bertujuan untuk menghemat daya listrik, khususnya bagi masyarakat yang menggunakan mesin pompa air.

Syarat utama toren air adalah memiliki daya tahan bagus seperti tidak mudah pecah, retak, dan tidak mudah berlumut bila terkena sinar matahari. Karena daya tahannya itu pula, toren air jarang, atau bahkan tidak pernah dibersihkan.

Toren juga jarang dibersihkan karena kadang diletakkan di tempat yang tinggi dengan tower penyangga, sehingga sulit dijangkau. Padahal, sebenarnya toren air sebaiknya dibersihkan secara berkala minimal 3 – 6 bulan sekali.

Sebenarnya, toren air bisa dibersihkan menggunakan jasa pembersih toren, namun apabila Anda hendak membersihkannya sendiri, berikut tips yang bisa Anda lakukan di rumah:

1. Cek kembali seluruh aksesoris toren

Komponen toren air sendiri terdiri dari toren/rangki, valve atau keran, pipa, pompa, yang terhubung ke toren, fitting inlet dan outlet, serta aksesoris pendukung lainnya.

Sebelum Anda, membersihkan toren, sebaiknya cek kembali seluruh aksesoris toren mulai air keran hingga fitting inlet dan outlet. Pasrtikan tidak ada aksesoris yang rusak, baik putus terdapat celah yang menyebabkan kebocoran.

Bila Anda menemukan salah satu aksesoris bermasalah, lebih baik diganti dengan yang baru terlebih dahulu. Agar Anda, tidak bekerja dua kali.

2. Bersihkan dalam toren air dengan lap

Membersihkan bagian dalam toren air sangat berbede dibandingkan dengan menguras bak mandi atau membersihkan lantai kamar mandi. Jika membersihkan bak dan kamar mandi memerlukan sikat pembersih, lain halnya dengan bagian dalam toren air.

Alat pembersih bagian dalam toren air, bisa menggunakan lap berbahan katun atau alat berbahan spons. Sikat sangat riskan merusak dinding toren air.

3. Gunakan lap bertungkai

Ukuran toren air yang cukup besar, tentu sangat menyulitkan. Anda mungkin harus masuk ke dalamnya. Cara lainnya, Anda bisa menggunakan lap bertungkai panjang, yang bisa Anda kendalikan dari atas.

4. Lepaskan semua aksesoris

Dikutip dari laman www.rumah.com, Suryadi, seorang jasa pembersih toren air menuturkan setelah semua bagian dalam dilap dan lumut yang ada dibersihkan, bilas keseluruhan bagian dalam tangki dengan air bersih. Agar pembersihan toren dapat lebih optimal, sabiknya semua pipa dan aksesoris dilepas.

“Bila pipa dan fitting tak memungkinkan untuk dilepas, maka sisa cairan bisa dikeluarkan menggunakan pipa siphon (pipa kuras) yang dipasang pada saluran kuras (drain) di bagian dalam toren, dibantu dengan pompa hisap,” kata Suryadi.

5. Bersihkan bagian luar toren air

Terakhir, jangan lupa untuk membersihkan juga bagian luar toren air menggunakan lap. Meskipun bagian dalam toren sudah bersih, bagian luar toren air juga mempengaruhi estetika eksterior rumah.

Feature picture: pixabay.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.