Sukses


Membersihkan Mesin Cuci dengan Cara Alami

Simak beberapa cara alami dalam membersihkan mesin cuci.

Liputan6.com, Jakarta Pernahkan Anda merasa mesin cuci berbau tidak enak? Mungkin ini saat yang tepat untuk membersihkan mesin cuci Anda.

Bersihkan mesin cuci dengan cuka putih atau pemutih pakaian tanpa bahan klorin untuk solusi yang alami, meskipun beberapa produsen mesin cuci menyarankan penggunaan pemutih berbahan klorin.

Simak beberapa cara alami yang dirangkum oleh Rumah.com dalam membersihkan mesin cuci.

Mesin Cuci Pintu Atas (Top Loading)

Membersihkan mesin cuci pintu atas cukup sederhana, Anda hanya membutuhkan cuka putih dan kain lap. Khawatir mesin cuci akan berbau cuka? Jika Anda telah membilasnya dengan benar, maka aroma cuka tidak akan tercium lagi.

  • Atur mesin cuci dengan temperatur hangat, kapasitas maksimal dengan waktu yang terlama.
  • Masukkan air panas dan tambahkan 4 cangkir cuka putih, tutup pintu mesin cuci dan biarkan berputar beberapa menit hingga tercampur rata.
  • Buka pintu mesin cuci untuk berhenti sejenak selama satu jam sehingga cuka dapat bekerja maksimal seperti menyingkirkan bakteri, jamur, dan lumut di selang mesin cuci.

Waktu menunggu selama satu jam dapat digunakan untuk membersihkan bagian luar dari mesin cuci. Gunakan kain lap berbahan kapas atau microfiber, celupkan kain tersebut sebelumnya di rendaman cuka.

Jagalah agar kain lap tidak terlalu basah. Jika bagian luar mesin cuci sudah dibersihkan dengan kain lap bercuka, gunakan lap yang sudah direndam air bersih untuk membilasnya.

Jika siklus pertama sudah selesai, ulangi kembali proses tersebut jika mesin cuci ekstra kotor. Cuka dapat membersihkan noda, sisa sabun dan residu lain di selang mesin cuci. Biarkan mesin berputar selama beberapa menit kemudian buka pintu mesin cuci agar kering.

Mesin Cuci Pintu Depan (Front Loading)

Mesin cuci dengan pintu depan cukup populer karena kemampuan membersihkan yang lebih baik dan efisien. Meskipun banyak keuntungan yang ditawarkan, ada beberapa keluhan yang biasa dirasakan, yaitu cucian yang bau.

Mesin cuci front loading biasanya membutuhkan lebih sedikit air dan listrik dibandingkan mesin cuci top loading. Berikut tips sederhana dalam membersihkan mesin cuci dengan pintu depan :

  • Pilih pengaturan untuk air panas.
  • Pilih extra rinse jika mesin cuci Anda memiliki fitur tersebut.
  • Tambahkan ¾ cangkir cuka putih atau ¾ cangkir pemutih tanpa bahan klorin.
  • Putar mesin cuci hingga satu siklus selesai.
  • Untuk memastikan tidak ada aroma cuka yang menempel di mesin cuci, bilas ulang mesin cuci secara manual.

Jika Anda sudah selesai membersihkan bagian dalam mesin cuci, jangan lupakan untuk membersihkan bagian luar dan panel kontrol dengan semprotan pembersih untuk menghilangkan semua debu dan kotoran. Kini mesin cuci Anda sudah kembali bersih dan bebas bau.

Mita Agustina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini