Sukses


Tips Merawat Tanaman yang Sekarat

Tanaman yang layu tidak berarti tak dapat Anda selamatkan...

Liputan6.com, Jakarta Saat Anda harus menjalani mutasi di luar kota atau luar negeri selama beberapa bulan, mau tak mau Anda harus merelakan rumah kesayangan ditinggal untuk sementara.

Anda mungkin bisa saja menyewa jasa asisten rumah tangga untuk membersihkan rumah setiap hari, tapi Anda tak yakin dia bisa merawat tanaman-tanaman Anda. Akibatnya, begitu Anda pulang kembali, tanaman menjadi layu dan hampir mati.

Tetapi, bukan berarti tanaman ini tak bisa diselamatkan. Paling tidak, trik yang dirangkum Rumah.com berikut akan membantunya segar kembali.

Cek Akarnya

Lihat kondisi akarnya, jika masih terlihat segar dan kuat kemungkinan tanaman masih hidup. Aduk tanahnya dengan sekop sehingga tercampur bagian atas dan bawahnya. Cara ini akan membuat tanah menjadi lebih gembur. Potong bagian yang layu, lalu tambahkan pupuk pada akarnya dan siram dengan air.

Cukup Sinar

Lihat kondisi di atas tanaman Anda. Jika di atasnya terhalang tanaman lain yang lebih rimbun, potonglah sedikit daun atau batang tanaman rimbun tersebut agar tanaman kesayangan Anda terpapar sinar matahari.

Jika penyebab tanaman tidak terpapar sinar adalah adanya kanopi atau sinarnya terhalang tembok, terpaksa Anda harus memindahkan tanaman. Pastikan Anda mengambil seluruh akar tanaman lalu tanam kembali ke area yang cukup sinar.

Pindahkan ke Dalam Pot

Bila layunya cukup parah, bahkan batangnya mulai mengering, pindahkan tanaman ke dalam pot. Potong batang yang membusuk dan daun yang sudah layu. Perlakukan tanaman layaknya tanaman baru.

Gunakan media tanam yang lebih cepat menyerap air, seperti campuran sekam dan tanah. Lalu sebarkan pupuk di bagian atas tanahnya. Siram tanaman dua kali sehari, saat pagi dan sore hari.

Masukkan ke Dalam Rumah

Bila tanaman Anda sekarat akibat sinar matahari yang sangat terik, berarti Anda harus menambahkan peneduh di atasnya. Peneduh dapat berupa tanaman atau jaring—biasanya digunakan untuk anggrek.

Bisa juga Anda menempatkan tanaman di dalam pot lalu masukkan ke dalam rumah untuk sementara. Letakkan tanaman di dekat jendela dan tambahkan hydro gel untuk menjaga kelembapan tanahnya.

Bersihkan Tanaman dari Serangga

Cek daun atau batang tanaman. Kadang, penyebab tanaman Anda sekarat bukanlah akibat kekurangan air atau sinar, melainkan adanya hama berupa semut atau laba-laba yang membuat sarang.

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini