Sukses


Rak Unik untuk Koleksi Buku Favorit

Dengan pilihan rak yang unik dan tepat, koleksi buku akan turut jadi unsur penentu tatanan interior Anda.

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda yang gemar membaca, memiliki satu–dua rak penuh buku tentu amat menyenangkan. Memandangi judul-judul yang berjajar juga akan memicu gairah untuk membaca dan mengoleksi lebih banyak lagi buku. Sering kali koleksi buku ini juga jadi bagian dari kepribadian yang ingin Anda tampilkan.

Hanya saja, buku-buku yang menumpuk di rak biasa mungkin tak akan membuat ruang “perpustakaan” Anda menarik bagi tamu atau kawan yang tidak hobi membaca. Tapi dengan pilihan rak yang unik dan tepat, koleksi buku akan turut jadi unsur penentu tatanan interior Anda.

Kali ini Rumah.com menilik beberapa ide rak buku yang dirancang oleh desainer profesional. Dengan rak-rak yang out of the box ini, kawan yang tak suka-suka amat membaca pun akan bisa menikmati kegirangan yang Anda rasakan tatkala melihat koleksi buku Anda.

Rak Tak Kasatmata

01.2. Rak gaib (boredpanda.com)

Pernahkah Anda melihat tumpukan buku-buku mengambang, seolah melayang-layang di udara? Anda bisa menciptakan efek ini hanya dengan siku rak, sekrup, dan sebuah buku dengan hard cover. Caranya gampang, yakni dengan menggunakan sekrup, kemudian pasang kuat-kuat siku pada dinding.

Untuk melenyapkan siku tersebut dari pandangan, “bungkus” ia dengan buku yang sudah disediakan. Ada baiknya buku yang digunakan adalah buku yang sudah tidak akan Anda baca lagi, karena Anda perlu menempelkannya secara permanen pada siku. Dan ingat, rak unik ini memang memikat, tapi kekuatannya amat terbatas. Jadi, jangan bebani dengan terlalu banyak buku.

Rak Pipa Ala “Revolusi Industri”

02. Rak pipa industrial (boredpanda.com)

Ide ini akan membawa nuansa modern dan industrial di pojokan ruang “perpustakaan”. Anda hanya memerlukan sekrup, beberapa batang pipa ledeng dengan panjang sekitar 30 cm, juga sambungan siku untuk pipa.

Untuk membuatnya, Anda tinggal merangkai pipa-pipa tadi secara meliuk-liuk, lalu memasangnya pada sudut ruangan. Hasilnya, tempat buku yang akan membawakan nuansa industrial masa lalu pada tampilan interior Anda.

Rak Kesetimbangan

03. Rak kesetimbangan (boredpanda.com)

Beberapa kotak kayu yang disusun bertumpuk tak akan menghasilkan rak buku yang berbeda dari rak biasa. Tapi lain cerita jika tumpukan kotak-kotak itu bertopang pada sudut-sudutnya. Inilah ide dasar dari rak kesetimbangan alias ekuilibrium ini.

Ruang rak yang miring akan membuat buku-buku tergeletak nyaman di dalam rak. Salah satu keuntungannya, Anda tak lagi memerlukan sandaran penahan buku untuk mencegah mereka berjatuhan.

Perpustakaan Kucing

04. Perpustakaan kucing (makethemroar.com)

Rak buku ini dirancang agar “ramah kucing”, sehingga sering juga disebut the cat library atau perpustakaan kucing. Dengan membuat beberapa kompartemen lebih menjorok keluar, rak ini menyediakan tangga bagi kucing-kucing untuk naik turun dan bermain-main di rak tanpa menyebabkan berantakan.

Beberapa desain juga menambahkan kotak ataupun cekungan mirip baskom di bagian paling atas. Gunanya sebagai “tempat tidur” bagi si kucing. Karena itulah ide ini amat cocok bagi penggemar buku yang juga pencinta kucing.

Kursi Buku

05. Bookseat (boredpanda.com)

Menyatukan kursi dan rak buku dalam satu furnitur—atau biasa disebut bookseat atau kursi buku ini—amatlah efisien. Anda bisa membaca dan berganti-ganti buku bacaan hanya dalam sekali duduk! Selain itu, ide ini juga akan menghemat ruang.

Astrid Septriana

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.