Sukses


Sulap Sudut Rumah Jadi Tempat Baca Mungil

Sudut-sudut rumah Anda yang biasanya kurang dilihat dapat disulap menjadi tempat yang makin membuat si kutu buku betah di rumah.

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda pecinta buku atau ingin membiasakan anak-anak membaca buku, mungkin Anda membayangkan memiliki perpustakaan pribadi di dalam rumah. Tapi, hal ini sulit terealisasi jika Anda tinggal di rumah yang kecil.

Kendati demikian, Anda masih bisa memiliki tempat baca khusus yang nyaman serta tidak makan tempat. Sudut-sudut rumah Anda yang biasanya kurang dilihat dapat disulap menjadi tempat yang makin membuat si kutu buku betah di rumah. Tempat ini juga bisa menjadi tempat belajar bagi anak-anak.

Dikutip dari Rumah.com, berikut beberapa tips dan trik untuk membuat pojok membaca di rumah Anda.

Pilih Tempat Dekat Cahaya

Tempat Dekat Cahaya (homesthetics.net)

Jika tempat baca redup, maka akan mengurangi kenyamanan membaca. Mata Anda pun juga mudah lelah. Maka dari itu, carilah sudut dengan cahaya alami seperti di dekat jendela. Jika tidak ada, Anda bisa meletakkan lampu baca di dekatnya.

Siapkan Tempat Duduk Nyaman

Tempat Duduk Nyamn (kk.no)

Orang yang suka membaca adalah memilih tempat yang nyaman untuk berlama-lama. Maka dari itu, pilihlah tempat duduk seperti sofa panjang bahkan sebuah hammock. Atau, Anda bisa menggelar karpet dan menaruh beberapa bantal kecil. Jadi, anak-anak bisa membaca bersama. Kegiatan ini bisa menjadi rutinitas baru bersama keluarga Anda.

Siapkan Tempat Peyimpanan Kecil

Tempat Penyimpanan (homedit.com)

Tempat peyimpanan bukan untuk menaruh seluruh koleksi buku Anda. Sebab, tidak akan dan muat dan akan makan banyak tempat. Gunakan rak ini untuk menaruh buku yang sedang dibaca, alat tulis, atau beberapa mainan si kecil.

Anda bisa membuat sendiri rak dari kayu bekas yang sudah tidak terpakai, agar bisa disesuaikan dengan sudut dan desain yang diinginkan. Bisa juga menggunakan rak lama Anda yang sudah tidak terpakai lagi.

Beri Panjangan

Gantung tulisan motivasi membaca di sudut ini. Seperti “The world is a book and those who don’t travel only read one page” atau “You can find magic wherever you look. Sit back and relax, all you need is book”.

Tak perlu besar, yang pasti dapat terlihat agar Anda dapat selalu termotivasi untuk duduk di pojok situ dan membaca. Anda pun bisa membuatnya sendiri. Hanya dengan mencetak di atas kertas, lalu diberi bingkai.

Berikan Sentuhan Warna

Sentuhan Warna (lookslikewhite.com)

Agar terlihat menarik, dan memberikan kesan tersendiri untuk pojok membaca Anda, berikanlah warna-warna yang terang. Misalnya saja dari warna tembok, karpet, sofa, atau bantal.

Tak perlu semuanya Anda berikan warna, cukup detail-detail tertentu agar tak terlalu ramai. Sesuaikan kembali dengan letak ruangan, cahaya, serta warna tembok. Misalnya, cat temboknya berwarna biru muda atau putih, lalu di dekatnya terdapat jendela, maka Anda dapat memberikan sentuhan warna merah atau kuning pada sofa atau karpet.

Letakkan Pembatas

Pembatas (decoratingroom.net)

Untuk membedakan ruangan lain dengan pojok baca Anda, berikan pembatas atau sekat. Misalnya saja gorden. Pilihan ini cocok untuk Anda yang membutuhkan privasi dan keheningan saat membaca.

Untuk yang lebih terbuka, Anda bisa memberikan pembatas berupa rak buku atau laci pendek. Jika ruangan cukup kecil, sebuah karpet pun juga bisa menjadi pembatas pojok membaca Anda.

Astrid Septriana

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini