Sukses


Desain Unik Kloset Bikin Betah di Kamar Mandi

Disain toilet ini tidak hanya beda, tetapi juga unik. Misalnya dudukan berbentuk mulut buaya

Liputan6.com, Jakarta Toilet, kakus, kloset, atau WC telah dikembangkan selama berabad-abad. Kini fokusnya tidak hanya pada fungsi, tetapi kenyamanan. Beberapa orang membuat desain toilet yang unik, layak Anda tiru.

Jenis toilet sendiri beragam, mulai dari duduk, jongkok, dan berdiri. Di beberapa negara, ragam toilet tadi cukup identik dengan masyarakatnya.

Misalnya toilet duduk lebih sering dipakai oleh masyarakat Barat. Sedangkan kloset jongkok cukup lazim di Asia tenggara, timur, dan sebagian Eropa Selatan dan Timur.

Mengulik sedikit mengenai sejarah toilet, dahulu pada peradaban Romawi Kuno, parit-parit dianggap sebagai model kloset pertama di dunia.

Di London, padatnya penduduk mendorong masyarakat untuk tinggal di rumah susun. Pada saat membuang hajat, mereka menggunakan pispot. Kemudian isi pispot itu dibuat ke parit. Karena malas untuk naik turun tangga, banyak warga London yang membuang pispot melalui jendela.

Karena banyak yang membuang sembarangan, lingkungan di London menjadi kotor dan terserang wabah penyakit. Akhirnya oleh pemerintah setempat dikeluarkan undang-undang yang berisi aturan mengenai denda bagi masyarakat yang membuat pispot melalui jendela.

Seiring waktu, ditemukanlah kloset penampung tinja berupa bejana lengkap dengan tangki air untuk membersihkan. Namun, permasalahan belum sampai di situ. Karena penampungan tinja tersebut menimbulkan bau yang tidak sedap.

Jadilah di tahun 1775, ditemukan kloset bilas tak berbau yang disebut Valve Closet. Dan satu abad kemudian, ditemukan kembali sebuah kloset bilas yang disebut wash down, hampir mirip dengan seperti kloset saat ini.

Valve Kloset (sumber: gallery.hd.org)

Saat ini, penempatan toilet pun beragam. Ada yang sengaja membuat ruangan khusus toilet saja, atau ada juga yang menempatkannya berdampingan dengan bak kamar mandi atau shower. Tentu saja ini menyesuaikan fungsi dan ketersediaan ruang di rumah.

Selain itu, fokus pengembangan toilet saat ini tak hanya pada fungsinya, tetapi juga kenyamanannya. Maklum, buang hajat biasanya memakan waktu yang cukup lama sehingga terkadang berada di dalam toilet terasa membosankan.

Untuk mengatasi hal tersebut, sejumlah desainer toilet menciptakan toilet-toilet unik yang membuat Anda dijamin betah di dalamnya? Seperti ini contohnya:

Kloset duduk pertama berbentuk saxophone. Jika dilihat secara keseluruhan, toilet ini mengusung tema musik. Mulai dari dinding, tank air, hingga sikat pembersih semua bernuansa musik. Sehingga terlihat mirip seperti studio musik.

Toilet kedua ini berbentuk akuarium. Tanki air yang biasa tak terlihat kini, didesain berupa akuarium, lengkap dengan ikan hias. Wah.. unik bukan?

Ketiga, kloset berdiri atau urinoir ini sebenarnya biasa saja. Namun modifikasi pada cat tembok membuatnya terlihat berbeda!

Keempat, adalah toilet yang didesain seperti sofa. Kebayang deh, Anda jadi mikir dua kali untuk buang air di sini.

Kelima, adalah toilet yang didesain seperti di mobil sport. Jok busa dengan sandaran punggung yang nyaman, membuat Anda bisa menyandar sembari membuang hajat. Wah, jangan sampai ketiduran ya..!

Keenam, desain tiolet yang otomatis menggunakan sensor di pegangan tangan sebelah kanan. Tidak hanya itu, uniknya seisi ruangan didesain seperti Anda sedang berolahraga ski. Menarik bukan?

Terakhir, toilet yang didesain menyerupai mulut buaya. Jadi apabila Anda sedang duduk, terlihat seperti hendak dimakan buaya. Hi.. Seram!
Terakhir, toilet yang didesain menyerupai mulut buaya. Jadi apabila Anda sedang duduk, terlihat seperti hendak dimakan buaya. Hi.. Seram!

Diadopsi dari www.rumah.com

Feature picture: pixabay.com
Foto: Pinterest

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.