Sukses


Tips Tepat Merawat Tanaman Rambat

Anda bisa menggunakan tanaman rambat untuk mempercantik carport, pergola, atau dinding halaman belakang sehingga memberi kesan sejuk.

Liputan6.com, Jakarta Tanaman rambat memang banyak fungsinya. Anda bisa menggunakannya untuk mempercantik carport, pergola, atau dinding halaman belakang sehingga memberi kesan sejuk. Layaknya tanaman lainnya, tanaman rambat pun butuh perhatian dan perawatan.

Anda tentu tak ingin tanaman rambat terlalu rimbun dan menjadi sarang ulat atau belalang yang berpotensi merusak tanaman Anda yang lain. Dinukil dari Rumah.com, inilah beberapa hal yang perlu dicek dari kondisi tanaman rambat Anda.

Singkirkan Batang Busuk

Jangan ragu memotong daun dan batang yang terkena penyakit atau dihinggapi hama. Segera singkirkan batang tersebut agar tidak menular ke batang lainnya. Bila perlu, pangkas habis hingga pangkalnya, dan hanya sisakan batang utama. Beberapa tanaman justru akan lebih cepat tumbuh kembali tunasnya jika batangnya dipotong.

Semprot dengan Antihama

Selama tanaman yang Anda tanam bukan untuk konsumsi, tak ada salahnya menggunakan pestisida, terutama jika ada ulat, belalang, semut, atau bekicot yang menempel pada daun serta batang tanaman. Tak perlu terlalu sering menggunakan pestisida, Anda cukup menggunakannya saat tanaman sudah menjadi tempat tinggal hama.

Pangkas Setiap Bulan

Ranting dan dahan yang rusak sebaiknya segera dipangkas agar sinar matahari menjangkau batang yang ada di bagian dalam. Menjarangkan bagian tanaman juga memudahkan air hujan atau air siraman menembus seluruh bagian di dalamnya.

Tanaman pun menjadi lebih sehat dan subur sekaligus menghindari munculnya debu dan sarang laba-laba di bagian dalam tanaman. Pemangkasan juga mencegah batang di bagian dalam menjadi lembap—jika sangat lembap, berisiko memunculkan jamur.

Cek Keadaan Ranting

Buang seluruh ranting kering yang memenuhi pergola karena berisiko merobohkannya. Bila Anda menanam tanaman rambat di dinding, perhatian akarnya, jika terdapat akar yang terlalu besar, potong akar tersebut. Akar dan ranting yang besar akan merusak dinding dan menyebabkan dinding menjadi kotor. Ingat, memotong salah satu akarnya tidak akan membuat tanaman mati.

Usahakan Agar Tetap Berbunga

Bila Anda menggunakan tanaman rambat yang berbunga, misalnya bougenville, pangkaslah tanaman setelah masa berbunga selesai. Pemotongan ini akan merangsang munculnya cabang baru yang lebih banyak lagi. Cabang baru cenderung disertai pucuk-pucuk bunga baru.

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.