Sukses


Hal yang Wajib Diketahui Pemilik Rumah Baru

ada beberapa hal yang wajib Anda ketahui sebagai pemilik rumah newbie.

Liputan6.com, Jakarta Tak lama setelah menikah, Anda dan pasangan akhirnya berhasil memiliki rumah impian. Anda pun mulai sibuk membeli dan menata berbagai barang yang ingin diletakkan di dalam rumah.

Tapi, sebelum Anda sibuk dengan kegiatan mengisi rumah, ada beberapa hal yang wajib Anda ketahui sebagai pemilik rumah newbie. Dikutip dari Rumah.com, berikut ini di antaranya.

Ketahui Alat-alat Listrik

Tak perlu sampai ahli, minimal Anda tahu fungsinya. Jadi, jika sewaktu-waktu ada keadaan darurat yang berhubungan dengan listrik, Anda bisa mengatasinya. Misalnya, AC di rumah mendadak rusak dan menyebabkan listrik rumah drop, paling tidak Anda tahu bagaimana mengatasinya.

Cek Kondisi Saluran Air

Tanyakan orangtua atau teman yang berpengalaman terkait saluran air yang ideal. Misalnya, jika atap memiliki talang air, talang tersebut harus dibersihkan minimal satu minggu sekali untuk mencegah sampah menumpuk yang menyebabkan air menggenang dan bocor.

Anda juga harus menyadari ada beberapa saluran air yang sebaiknya ditutup menggunakan kawat berlubang. Gunanya untuk mencegah tikus atau ular masuk ke dalam rumah melalui saluran air tersebut.

Periksa Pompa Air

Meski musim hujan, tak selamanya aliran air yang masuk ke dalam rumah Anda akan berjalan lancar. Maka, periksa kondisi pompa setiap kali menyala. Pastikan jarum yang menunjukkan tekanan air bergerak ke atas, bukan hanya diam di bawah.

Jarum yang bergerak menandakan adanya aliran air masuk ke dalam tempat penyimpanan air Anda. Jika jarum tidak bergerak, setidaknya Anda tahu bagaimana memancing air agar tetap mengalir.

Punya Teknisi Andalan

Pastikan Anda mengenal teknisi andalan yang mengetahui cara merenovasi rumah dan memperbaiki seluruh kerusakan yang ada di rumah Anda. Sebaiknya tempat tinggal teknisi itu tidak jauh dari rumah Anda. Jadi, tanyakan kepada tetangga Anda, siapa biasanya teknisi yang mereka andalkan dan selalu dapat dipanggil saat keadaan darurat.

Tak ada salahnya juga memiliki beberapa teknisi, misalnya yang biasanya digunakan oleh keluarga Anda. Ketahui pula berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk membayar jasa mereka.

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini