Sukses


Berburu Rumah Murah di Wilayah Penyangga

Kisaran rumah di kawasan penyangga berada di angka mulai Rp200 jutaan. Anda yang berminat, bisa menyimak daftar yang disajikan Rumah.com

Liputan6.com, Jakarta Di dunia properti, istilah kawasan penyangga saat ini makin santer terdengar seiring dengan terbatasnya lahan dan tingginya harga hunian di Jakarta.

Kerap disebut juga sebagai kota satelit, kawasan penyangga meliputi Bekasi, Tangerang, Serpong, Depok dan Kawasan Cibubur.

Sejak tahun 1977, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menetapkan bahwa wilayah Botabek (saat itu Depok belum pemekaran dari Bogor) sebagai wilayah penyangga kota Jakarta.

Hal ini dikarenakan terlalu padatnya kota Jakarta untuk menampung semua aktivitas pemerintahan, perdagangan, dan industri.

Berdasarkan hal tersebut, pemerintah mulai mengatur pembangunan dan peruntukan wilayah di Jabotabek. Untuk aktivitas pemerintahan, tetap dikonsentrasikan di wilayah Jakarta Pusat.

Untuk industri, pengembangan dikonsentrasikan di kawasan Cibitung dan Cikarang (Kab. Bekasi) serta Cikupa (Kab. Tangerang).

Sedangkan untuk pemukiman, pengembang residensial menyasar kota-kota satelit yang dilengkapi dengan sarana pendukung seperti sekolah, pusat perbelanjaan, rumah sakit, dan tempat hiburan.

Seiring berjalannya waktu ditambah permintaan akan hunian tapak yang terus meningkat, memicu ramainya pembangunan perumahan di wilayah penyangga. Harga rumah yang ditawarkan bervariatif dan rata-rata masih cukup terjangkau.

Kisarannya berada di angka mulai Rp200 jutaan. Anda yang berminat, bisa menyimak daftar yang telah disajikan Rumah.com berikut ini.

Depok

Terletak di sisi selatan Jakarta, Kota Depok kini mengalami perubahan yang cukup pesat. Ditandai dengan hadirnya infrastruktur baru, seperti yang teranyar Tol Depok-Antasari (Depok).

Saat jalan tol ini rampung dan resmi dibuka, warga Depok bisa menikmati akses mudah menuju pusat Jakarta.

Mencari rumah baru dengan harga kurang dari Rp300 jutaan di Depok juga bukan perkara sulit. Salah satu klaster yang bisa dipertimbangkan adalah Neo Bumi Citra Lestari. Jarak perumahan dengan kawasan ternama di Jakarta Selatan seperti TB Simatupang adalah 21km.

Bogor

Di Kabupaten Bogor, Anda bisa menjumpai tiga perumahan yang membanderol harga unit rumah mulai Rp133 jutaan hingga Rp300 juta. Mereka adalah Grand Sutera Lewiliang, Samasta Citayam, dan Serpong Kencana.

Dari ketiga perumahan diatas, hanya Serpong Kencana yang menyajikan fasilitas lengkap di dalam perumahan, seperti kolam renang, hutan mini, dan jogging track. Sementara dua klaster lainnya cukup menghadirkan taman di area perumahan.

Tangerang

Beralih ke sisi barat Jakarta yaitu Kabupaten Tangerang, Banten, kawasan ini menyimpan potensi properti yang cukup baik.

Bahkan, dengan banyaknya pengembang besar yang masuk ke wilayah ini, Kabupaten Tangerang pun digadang-gadang sebagai wilayah sunrise property terbaru.

Tak mengherankan bila kini banyak proyek perumahan yang terus bermunculan setiap tahunnya, mengingat stok lahan masih sangat mumpuni.

Jika Anda tengah menyasar rumah murah di kawasan ini, coba kunjungi Triraksa Village 2 yang menawarkan harga Rp260 juta untuk unit 36/72.

triraksa village 2

Bekasi

Sementara di Bekasi Anda bisa menemukan rumah satu lantai tipe 45/78 dengan harga Rp250 jutaan.

Berada di Perumahan Seminung Asri Residence, lokasinya tepat di Jalan Raya Cikunir Rt. 05/03 Kelurahan Jaka Mulia, Bekasi.

Perlu diketahui, properti di daerah Bekasi punya prospek investasi yang sangat menjanjikan. Salah satunya karena upaya pemerintah membantu semenjak Pemerintah Kota menyediakan bus antar kota dan dalam kota yang mengangkut penumpang ke berbagai jurusan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.