Sukses


Ubah Fungsi Tangga Jadi Tempat Penyimpanan

Fungsi benda yang dibuat dari kayu atau alumunium tersebut bertambah. Anda bisa mengubahnya menjadi tempat penyimpanan yang unik di rumah..

Liputan6.com, Jakarta Ladder atau tangga portable biasanya digunakan sebagai pijakan untuk memasang sesuatu yang tinggi. Kini, fungsi benda yang dibuat dari kayu atau aluminium tersebut bertambah. Anda bisa mengubahnya menjadi tempat penyimpanan yang unik di rumah.

Jadi, jika Anda punya tangga yang sudah agak rusak, jangan dibuang dulu. Percantik dengan pelitur atau cat, kemudian pakai sebagai tempat penyimpanan, seperti beberapa contoh yang dirangkum Rumah.com ini:

Ruang Dapur

tangga dapur a beautiful mess dot com 

Setelah dibersihkan dan dipelitur, tangga kayu Anda yang lapuk bisa diubah menjadi tempat menggantung peralatan masak yang unik. Cukup sandarkan tangga di tembok, lalu gantung s hook di setiap pijakannya. Anda juga bisa menggantinya dengan paku. Sekarang, Anda Cuma perlu menggantung panci, penggorengan, dan peralatan dapur lainnya. Mudah dan praktis, bukan?

Ruang Tamu

rak buku (tipjunkie.com) 

Jika Anda punya tangga yang dapat dibuka, Anda bisa menggantungnya di ruang tamu sebagai rak pajangan dan buku. Sebelum digantung, Anda bisa mengecatnya sesuai gaya rumah Anda. Atau jika Anda ingin kesan natural, tangga tak perlu dicat. Sebab, tangga bekas biasanya sudah ternoda cat yang bisa menjadi aksen unik.

Setelah itu, buka tangga, dan gantung secara horisontal di pojok tembok. Kemudian, kencangkan tangga dengan menggunakan bracket dan mur di beberapa bagian. Lalu, selesaikan dengan menaruh beberapa buku dan pajangan ringan di sana.

Garasi

Biasanya sulit mencari alat perkakas jika ingin digunakan. Tempat penyimpanan dari tangga ini bisa memudahkan Anda dalam menyimpannya. Caranya adalah dengan menggunakan tangga yang bisa dibuka. Setelah itu, taruh beberapa kayu atau tripleks di setiap pijakannya, dan buatlah seperti sebuah jembatan.

Sekarang, alat perkakas Anda mulai dari martil, obeng, kaleng cat, paku sampai alat berkebun Anda ada dalam satu tempat. Jadi, tak perlu lagi menghabiskan waktu karena sulit menemukannya.

Taman

tempat tanaman (goodhousekeeping.com) 

Tangga juga bisa hiasan manis di kebun dan taman Anda. Ada dua cara yang bisa dilakukan, yaitu dengan tangga yang disandarkan dan yang dibuka. Untuk tangga yang disandarkan, Anda bisa mengkreasikannya seperti membuat dapur vertikal tadi. Pot-pot gantung Anda bisa digantungkan di sana.

Untuk tangga yang dapat dibuka, Anda bisa melakukannya seperti membuat tempat penyimpanan di garasi. Percantik dahulu dengan warna yang cocok untuk taman Anda. Lalu, taruhlah pot bunga atau tanaman rempah Anda di sana.

Ruang Baca

tempat lampu (abeautifullmess.com) 

Tangga yang disandarkan juga bisa menjadi tempat penyimpanan sekaligus hiasan yang unik di ruang baca Anda. Setelah dicat sesuai gaya rumah Anda, gantungkan beberapa majalah dipijakannya. Kreatif, bukan?

Nah, di sisi pinggirnya, Anda juga bisa menaruh string light dari atas hingga ke bawah. Jadilah, tempat majalah dan lampu baca sekaligus. Cocok untuk Anda yang tinggal di apartemen yang harus hemat ruang.

Ruang Tidur

tempat kerudung (abeautifulmess.com) 

Lemari baju Anda tak muat lagi untuk menaruh kerudung, pashmina atau koleksi kalung Anda? Tangga juga bisa disulap menjadi tempat penyimpanan yang praktis. Cukup sandarkan tangga, dan “jemurlah” koleksi kerudung Anda di sana. Untuk kalung, Anda bisa menggunakan s hook untuk menggantungnya.

Astrid Septriana

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.