Sukses


Kain Penutup Sofa untuk Dekorasi Ruang Kecil

Menutup perabotan dengan kain penutup sofa (slipcovers) adalah ide yang menarik untuk mengubah tampilan sebuah ruangan kecil.

Liputan6.com, Jakarta Menutup perabotan dengan kain penutup sofa (slipcovers) adalah ide yang menarik untuk mengubah tampilan sebuah ruangan kecil. Penutup sofa macam ini banyak dijual di toko perabotan dengan harga yang terjangkau dan bisa digunakan untuk menutupi noda di sofa favorit.

Biasanya kain ini memiliki berbagai warna, motif, dan bahan, sehingga Anda bisa berkreasi di dalamnya. Keuntungan lain penutup sofa macam ini biasanya dapat dicuci dengan mesin cuci, sehingga tidak memerlukan perawatan khusus untuk menjaganya tetap bersih.

Dikutip dari Rumah.com, pemilihan kombinasi warna adalah kunci dalam mendekorasi ruangan kecil, karena dapat memengaruhi penampilan dan suasana ruangan. Putuskan apa yang menjadi warna utama di ruangan tersebut, seperti penempatan di dinding dan lantai.

Selain itu, perhatikan juga perabotan besar seperti sofa dan kursi yang menghabiskan banyak tempat di ruangan tersebut. Hal-hal inilah yang dapat langsung mencuri perhatian seseorang terhadap sebuah ruangan. Pemilihan warna yang salah dapat memberikan impresi yang buruk, bahkan membuat ruangan terkesan lebih sempit.

Jika Anda memiliki sofa atau kursi yang menempel di dinding, tutupi dengan kain penutup sofa yang berwarna mirip dengan tembok. Pikirkan atmosfer atau suasana apa yang ingin ditampilkan di kamar.

Umumnya, warna netral bisa membuat ruangan kecil terasa lebih luas. Namun hindari penggunaan warna putih di seluruh ruangan karena akan memberikan suasana yang dingin seperti di rumah sakit.

Inilah pentingnya mengombinasikan warna untuk menciptakan keseimbangan yang tepat. Ingin membuat ruangan lebih nyaman dan hangat, tambahkan warna hijau atau ungu.

Menggunakan kain penutup sofa adalah cara yang sederhana namun efektif. Jika Anda memiliki kursi bekas namun bingung dengan biaya yang akan dihabiskan jika ingin memperbaikinya, gunakan kain penutup sofa untuk solusi yang hemat.

Harmonisasikan dengan warna perabotan yang tersedia untuk membuat ruangan terasa lebih luas. Kain penutup sofa juga dapat digunakan untuk melembutkan penampilan ruangan yang gelap atau suram. Jika Anda membeli kain penutup sofa bermotif, pilihlah motif berpola kecil sehingga sebanding dengan ukuran ruangan.

Kain penutup sofa tidak hanya dapat digunakan untuk sofa dan kursi. Karena mereka memiliki berbagai bentuk dan ukuran, kain ini bisa juga digunakan untuk ruang makan yang bisa mengubah gaya dan penampilan kursi makan dengan instan.

Untuk memberikan tampilan yang kontemporer, Anda bisa memilih kain penutup yang memiliki bentuk rok lipit di bagian bawah. Bentuk kain seperti ini juga bermanfaat untuk menyembunyikan barang-barang yang tersimpan di bawah kursi.

Kini Anda telah mengetahui beberapa manfaat dari penggunaan kain penutup sofa. Gunakanlah untuk acara-acara tertentu atau bila Anda ingin mengubah tampilan sebuah ruangan dengan instan.

Mita Agustina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini