Sukses


Lima Gaya Kursi Teras Rumah Minimalis

Miliki rumah bergaya minimalis ternyata bisa juga dipadukan dengan furnitur bergaya vintage, rustic, dan industrial....

Liputan6.com, Jakarta Rumah yang mengadopsi konsep minimalis saat ini banyak diaplikasikan di rumah-rumah di Indonesia, terutama di kota-kota besar, di mana lahan yang tersedia semakin menipis.

Konsep utama rumah minimalis adalah memaksimalkan lahan yang tersedia untuk hal yang fungsional, minim detail dan area-area yang tidak terlalu diperlukan. Karenanya, kebanyakan rumah dengan konsep ini hanya menyediakan teras yang luasnya kecil, bahkan tidak ada sama sekali.

Tegar Prabasaki, Arsitek dari perusahaan kontraktor CV. Prima Jasa Teknik Indonesia mengungkapkan, teras bukanlah kebutuhan utama, sehingga bisa dihadirkan, bisa pula tidak.

“Teras rumah pada rumah minimalis sebenarnya dikembalikan lagi kepada penghuni. Apakah mereka merasa teras sangat penting untuk menunjang kehidupan sehari-hari ataukah tidak?” kata Tegar.

“Jika dirasa menunjang, biasanya teras dibuat dengan ukuran kecil, sedangkan bila tidak merasa menunjang, teras tidak akan dibuat,” ujar Tegar dilansir dari Rumah.com Kamis, (12/5/2016).

Tegar juga menambahkan, jika penghuni menginginkan adanya teras, setidaknya teras dibuat minimal berukuran 2m x 1m, dan maksimal 2m x 3m. Jika ukuran terlalu luas, maka sudah tidak dikatakan sebagai rumah minimalis. Mengenai penempatan furnitur, menurut Tegar sah-sah saja.

“Semua tergantung selera penghuni, apakah mereka ingin menerapkan furnitur yang klasik, tradisional, atau lainnya. Asalkan tidak terlalu melebihi kapasitas dari ruangan, dan tentu saja memiliki fungsi,” tambah Tegar.

Berbicara mengenai selera dan karakter, Tere, pemilik Moje Furniture, juga mengamini apa yang dikatakan Tegar Prabasaki.

“Memilih furnitur sangat ditentukan dari karakteristik yang ingin dicerminkan. Karena, kembali lagi dari konsep rumah yang nyaman tadi,” katanya.

“Agar seorang merasa nyaman dan betah di rumah, furnitur dan desain interiornya harus sesuai dengan keinginan dan apa yang menurutnya nyaman,” ucap wanita berusia 55 tahun tersebut.

Tere banyak menemui konsumen yang kebingungan memilih kursi yang tepat untuk bagian rumah, khususnya teras yang berukuran kecil.

Bagi Tere, ukuran teras yang kecil bukan menjadi kendala, dengan catatan penghuni mengetahui fungsi dari teras itu sendiri.

Biasanya, teras digunakan sebagai tempat tunggu tamu yang waktu kunjungnya tidak lama. Sehingga, furnitur yang tepat selain kursi juga adalah meja.

“Jika ukuran teras hanya 2m x 1m, Anda bisa memilih kursi berukuran 40cm x 40cm sampai dengan 60cm x 60cm. Namun, bila ukuran teras 2m x 3m, Anda bisa sedikit menambahkan furnitur seperti meja kecil,” tutur Tere, yang juga mahir dalam desain grafis ini.

Tips unik memilih gaya kursi teras ala Moje

Tere memberikan tips memilih gaya kursi teras yang berbeda dari biasanya, mulai dari rustic, vintage, atau industrial.

Kursi bergaya rustic adalah kursi yang finishingnya sengaja dibiarkan kasar dan memberikan kesan alami misalnya kayu, batu, logam, dan sebagainya.

Kursi bergaya vintage adalah kursi dengan model dan tampilan yang sedikit usang. Sehingga terlihat kuno.

Sedangkan kursi bergaya industrial adalah kursi yang menghasilkan kreasi tentang bentuk, konfigurasi, atau komposisi garis atau warna

Biasanya furnitur industrial menggunakan warna-warna monokromatik dan terkesan maskulin. Material identik dengan daur ulang dari industri seperti kaca, besi, dan alumunium.

“Ketiganya akan nyaris sama, yakni sama-sama memberikan kesan natural dan ramah lingkungan. Biasanya, penggemar furnitur seperti ini adalah mereka yang menyukai karya seni dan berjiwa muda,” kata Tere.

Berikut beberapa desain kursi bergaya rustic, vintage, dan industrial yang bisa diterapkan pada teras rumah bergaya minimalis:

Kursi yang Anda lihat pada gambar ini merupakan jenis kursi furnitur vintage yang berbahan besi. Agar tampak cantik, Anda bisa mengecat menggunakan warna yang disesuaikan dengan rumah Anda. Selain itu, kursi ini juga bisa dilipat-buka sehingga tidak memakan tempat (karya: Moje Furniture)

Contoh kursi kedua adalah kursi rustic. Hal ini ditandai dengan material besi dan kayu. Uniknya lagi, ujung (kaki-kaki) yang mencirikan tahun 80’an (karya: Moje Furniture)

Penambahan kursi dengan satu meja bundar seperti ini juga bisa mempercantik teras rumah Anda. (karya: Moje Furniture)

Sedikit retro, jenis kursi ini full dengan material kayu. Ukurannya yang kecil mudah digeser-angkat juga tidak akan memakan ruangan. (karya: Moje Furniture)

Selain kursi bermaterial besi dan kayu, satu ide unik lain terlihat pada gambar ini, yang merupakan contoh kursi bertema industrial. Anda bisa memanfaatkan drum minyak bekas, kemudian tambahkan busa duduk berbentuk 1/8 bola untuk dijadikan alas duduk. Selain unik, kursi ini tidak memakan tempat terlalu banyak. (karya: Moje Furniture)

Feature picture:pixabay.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini