Sukses


Bikin Furnitur Cantik dari Sandaran Tempat Tidur Bekas

Dengan memanfaatkan perabot yang usang atau tak terpakai lagi, Anda bisa memiliki furnitur baru yang cantik.

Liputan6.com, Jakarta  Memiliki furnitur unik dan cantik di rumah tentu menjadi dambaan setiap orang. Namun, bila harus mengeluarkan budget yang sedikit mahal, bisa jadi niat membeli furnitur baru urung dilaksanakan.

Saat ini, banyak sekali cara-cara untuk membuat sendiri furnitur di rumah memanfaatkan barang bekas, salah satunya adalah dengan memanfaatkan sandaran tempat tidur (headboard) menjadi perabot lain.

Dengan sedikit usaha, Anda bisa mendapatkan furnitur ‘baru’ nan unik, dengan biaya yang lebih terjangkau. Tertarik? Simak beberapa trik yang dihimpun dari laman www.rumah.com berikut ini:

1. Sulap jadi kursi dalam rumah

Kepala tempat tidur ini dirombak menjadi kursi panjang yang sekilas snagat mirip dengan sofa. Jangan lupa untuk memadukan warna di setiap detailnya mengikuti warna sekitar ruangan.

Pertama, headboard dapat dirombak menjadi kursi dalam rumah. Sekilas melihat furnitur ini Anda akan tidak menyangka bahwa barang ini dibuat dari kepala tempat tidur.

Headboard yang bergelombang dengan banyak detail menghadirkan kesan klasik pedesaan ala barat.

Cara membuatnya sebenarnya cukup sederhana. Anda hanya perlu membuat bidang berbentuk balok dengan ukuran yang sesuai untuk tempat duduk, kemudian cat headboard dan bidang alas dengan warna yang sama.

Sisakan sedikit di bagian belakang untuk menempelkan/menyambungkan headboard. Selanjutnya, tinggal menambahkan alas busa agar duduk Anda semakin nyaman.

Mengikuti tren masa kini, yang memaksimalkan fungsi, Anda bisa menyekat bagian bawah tempat duduk tersebut dan memanfaatkannya sebagai laci. Menarik bukan?

Contoh kedua ini dapat dilihat merupakan ranjang tidur berukuran kecil yang dirombak dengan memotong bagian kepala tempat tidurnya saja. Anda tinggal menambah lengan kayu dan alas duduk yang bermaterial serupa. Kursi ini juga sangat nyaman diduduki pada ruang membaca atau perpusatakaan di rumah.

Anda juga bisa menggabungkan headboard dengan cofee table seperti contoh di atas. Anda tinggal menambah sandaran tangan.

Bila Anda memiliki tempat tidur klasik yang memiliki tiang berundak seperti pada gambar ini, tidak perlu dibuang, Anda bisa memotong bagian 1/8 dari tubuh tempat tidur. Pasang bantalan alas untuk duduk dengan model timbul dari dalam.

2. Sulap jadi gantungan berbagai aksesoris

Apakah Anda selama ini merasa kesulitan untuk menata aksesoris berupa topi, jaket, perhiasan? Jika iya, coba deh sekali-kali untuk berkreasi menggunakan bekas ujung kepala tempat tidur.

Caranya gampang. Setelah memotong kepala tempat tidur, lakukan pengecatan dengan warna sesuai selera Anda, atau yang senada dengan ruangan di rumah Anda.

Selanjutnya, tambahkan gantungan baju. Selesai. Anda tinggal menggantungkannya di tempat yang Anda suka.

Pada desain gantungan ini, pembuat menambahkan papan tulis untuk meninggalkan pesan. Caranya, amplas bagian yang ingin dijadikan papan tulis, lapisi dengan cat primer, dan mulai cat dengan cat khusus papan tulis kapur. Bahan-bahan ini bisa didapat dengan mudah di toko bangunan.

Contoh kedua adalah gantungan yang bisa digunakan untuk celemek atau handuk tangan. Biasanya di dapur, banyak orang yang tidak

3. Sulap menjadi furnitur pelengkap komersial

Selain digunakan untuk furnitur pendukung rutinitas Anda, kepala tempat tidur juga bisa digunakan sebagai sign (penanda) sebuah tempat, ruangan, atau wilayah. Namun, berbeda dengan elektrik yang menggunakan listrik, rombakan ini agak terlihat vintage.

Sign yang kerap digunakan untuk restoran atau motel yang bertujuan komersial. Sangat cocok untuk tema vintage.

feature picture: pixabay.com

Foto: Pinterest.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini