Sukses


Langkah Jitu Usir Tungau di Rumah

Anda bisa bilang ranjang dan furnitur Anda bebas kutu busuk. Tapi, apakah bebas dari tungau?

Liputan6.com, Jakarta Anda boleh saja bilang ranjang dan furnitur Anda di rumah bebas kutu busuk. Tapi, yakinkah rumah Anda bebas dari tungau?

Asal tahu saja, tungau atau dust mite berbeda dengan kutu busuk (bed bug). Kutu busuk merupakan serangga kecil berukuran 3 mm, sekilas bentuknya mirip biji semangka, dan dapat dilihat oleh mata telanjang. Selain itu, kutu busuk hidup dengan mengisap darah sebagai makanannya dan biasanya bersemayam di lipatan atau jahitan kasur serta furnitur yang terbuat dari kayu dan memiliki celah kecil.

Sedangkan, tungau berukuran 0,3 mm, sehingga hanya dapat dilihat di bawah mikroskop. Tungau senang tinggal di barang-barang bertekstur lembut—seperti tirai, karpet, seprai, pakaian, atau selimut—yang terpapar debu. Makanan tungau adalah sisa kulit mati yang jatuh ke permukaan tempat tinggalnya.

Masalahnya, jika Anda terpapar kotoran tungau, kulit akan memperlihatkan reaksi alergi, seperti ruam, kemerahan, dan gatal. Pada balita yang jaringan kulitnya 20% – 30% lebih tipis, paparan tungau berisiko membuat kulitnya gatal dan iritasi. Bahkan, debu dan tungau berpotensi menimbulkan gangguan pernapasan.

Jadi, agar rumah terhindar dari tungau, lakukan tips yang dinukil dari Rumah.com ini.

  • Ganti dan cuci seprai, sarung bantal dengan air panas minimal satu minggu sekali agar tungau dan bakteri yang ada di permukaannya mati. Rendam seprai dengan pembersih yang mengandung antikuman.

  • Jemur ranjang Anda setiap minggu selama 1-2 jam di bawah sinar matahari. Jangan lupa sedot debu dari kasur dan dipan Anda dengan vacuum cleaner berdaya sedot besar. Bersihkan sela-sela tempat tidur dengan handuk yang sudah direndam cairan pembersih antikuman sebelumnya.

  • Langsung bersihkan vacuum cleaner yang sudah dipakai di luar area rumah Anda—agar tungau tidak masuk kembali ke dalam rumah. Membiarkan vacuum cleaner yang kotor dan hanya disimpan malah membuat tungau muncul kembali.

  • Sebulan sekali, cuci tirai, karpet, dan sofa Anda. Jika Anda tak sanggup menjalankannya sendirian, gunakan jasa laundry. Bersihkan pula rak sepatu serta sepatu yang kadang dibiarkan tersimpan di garasi rumah—rak sepatu sering menjadi sarang debu dan tungau.

  • Setiap bulan, keluarkan barang yang selama ini disimpan di atas lemari pakaian, di dalam laci lemari, serta barang yang ada di gudang dan bersihkan dengan cairan desinfektan. Dari barang-barang inilah tungau berasal.

  • Pastikan Anda membersihkan sudut-sudut ruangan saat mengepel lantai. Bagian sudut cenderung dilupakan dan dibiarkan berdebu.

  • Gunakan jasa pembersih hama jika Anda masih merasa belum puas dengan kebersihan rumah.

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini