Sukses


Perhatikan 9 Tanda Penting Ini Saat Memilih Rumah

Perhatikan sembilan tanda-tanda di rumah yang akan berpotensi menjadi masalah...

Liputan6.com, Jakarta Memilih rumah harus dilakukan dengan detail dan teliti. Salah memilih rumah, akan membuat lebih banyak pengeluaran di masa mendatang.

Perhatikan sembilan tanda-tanda di rumah yang akan berpotensi menjadi masalah seperti ditulis Rumah.com berikut ini:

1. Struktur Bangunan dan Pondasi

Retakan besar di bagian lantai, kusen pintu yang rusak serta sulit ketika menutup pintu bisa jadi sebuah pertanda bahwa ada masalah dengan struktur bangunan atau pondasi rumah tersebut. Cara terbaik yang dapat dilakukan adalah mengajak seorang ahli bangunan untuk menginspeksi rumah tersebut lebih lanjut.

2. Masalah Serangga atau Hama

Masalah hama yang paling sering mengganggu rumah adalah rayap, kumbang bubuk kayu, dan semut. Menyewa seseorang yang cukup ahli di bidang hama bisa menjadi sesuatu yang mahal, namun hal ini menguntungkan, karena masalah hama yang berkepanjangan akan menghabiskan banyak biaya jika bangunan membutuhkan perbaikan.

3. Ada Bagian yang Baru Dicat

Seorang penjual rumah biasanya menyarankan untuk mengecat seluruh ruangan agar tampilan rumah menjadi lebih segar. Jika Anda menemukan hanya satu spot baru saja dicat, maka patut dicurigai apakah terdapat masalah di bagian yang ditutupi tersebut.

4. Tenaga Amatir dalam Perbaikan Rumah

Pemilik rumah yang ingin segera menjual rumah, adakalanya menggunakan tenaga amatir untuk memperbaiki rumah. Penggunaan tenaga amatir biasanya dilakukan untuk menekan biaya perbaikan. Pekerjaan yang perlu diperhatikan ketika memperbaiki rumah adalah penggalian saluran air, pemotongan kayu, dan pemasangan listrik.

5. Aroma di Dalam Rumah

Dua macam aroma yang timbul di dalam rumah: harum atau bau tidak sedap, bisa menjadi sebuah peringatan untuk Anda. Jika rumah selalu dipasang pewangi ruangan selama 24 jam, bisa jadi pemilik rumah berupaya untuk menutupi bau yang lain.

6. Lingkungan yang Tidak Aman

Calon pembeli rumah harus membuka mata terhadap keadaan lingkungan secara keseluruhan. Jika banyak rumah sekitar yang dijual, maka patut dicurigai penyebab hal itu terjadi, misalnya masalah keamanan.

7. Noda di Dinding dan Langit-langit

Jika pemilik rumah tidak berusaha menutupi noda yang menempel di langit- langit rumah, hal ini bisa menjadi masalah. Pastikan kepada pemilik rumah dari mana asal noda tersebut, karena perbaikan di masa mendatang bisa jadi akan memakan banyak biaya.

8. Masalah Listrik

Meskipun Anda sebagai calon pembeli bukanlah ahli listrik, lakukanlah hal sederhana, seperti menyalakan lampu dan memerhatikan apakah listrik bekerja dengan baik. Masalah umum yang sering terjadi adalah penempatan kabel yang kurang teratur di dalam rumah, sehingga dapat membahayakan penghuni.

9. Saluran Air yang Buruk

Peringatan jelas yang mengisyaratkan saluran air yang kurang bagus adalah adanya genangan air. Tanda-tanda lain bisa terlihat dari rembesan air di tembok yang juga mengakibatkan retakan di bagian lantai.

Mita Agustina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini