Sukses


Peralatan Rumah yang Bikin Anda Cepat Langsing

Daripada membeli alat olahraga yang harganya sangat mahal, Anda bisa menggunakan berbagai alat rumah tangga sebagai penunjang olahraga.

Liputan6.com, Jakarta Meski sudah menjadi member pusat kebugaran selama beberapa bulan, tetap saja berat badan impian tak juga didapat. Anda pun sampai tergiur ingin membeli alat fitnes, seperti sepeda statis atau treadmill untuk digunakan di rumah.

Padahal, daripada membeli alat olahraga yang harganya sangat mahal, Anda bisa menggunakan berbagai alat rumah tangga sebagai penunjang olahraga. Dikutip dari Rumah.com, berikut tips yang bisa Anda lakukan.

Sofa

Sofa dapat membantu Anda mengencangkan lengan. Caranya lakukan push-up dengan posisi kaki ada di atas sofa, sementara tangan menahan berat tubuh di lantai. Jika tak sanggup melakukan push-up, tahanlah posisi ini selama 10 detik—seperti Anda melakukan posisi plank di lantai, bedanya kedua kaki ada di atas sofa. Lakukan hingga 8-10 kali.

Tangga

Memiliki rumah tingkat bukan hanya bertujuan untuk menambah ruangan di rumah tapi juga bisa mengencangkan otot kaki Anda. Lakukan gerakan naik dan turun tangga dengan sedikit berlari sebanyak 10 kali repetisi. Gerakan ini juga akan menyehatkan jantung Anda karena termasuk olahraga kardio.

Botol Minum dan Kaleng Makanan

Gunakan botol minum berkapasitas 600 mililiter lalu isi dengan air. Botol ini dapat digunakan sebagai pengganti beban atau dumbbell. Anda bisa melatih kekuatan otot tangan dengan melakukan gerakan mengangkat botol selama 50 kali setiap hari. Cara ini juga efektif menghilangkan pegal. Tak ada botol minum? Gunakan kaleng bekas makanan.

Ranjang

Bila kasur Anda cukup padat, Anda bisa melakukan beberapa gerakan yoga di atas kasur. Enaknya, saat melakukan pose tertentu, Anda akan merasa lebih nyaman dan santai. Ranjang juga sangat nyaman sebagai lokasi melakukan peregangan. Hasilnya, tubuh akan lebih rileks dan otot pun tak lagi kaku.

Olahraga di Dapur

Usai memasak, jangan langsung makan lantas leyeh-leyeh di sofa. Gunakan kitchen set sebagai lokasi olahraga Anda. Lakukan gerakan push-up maju dan mundur, yaitu tangan Anda bertumpu pada pinggiran meja, tekuk siku dan dekatkan dada pada kitchen set, sementara kaki dimundurkan sejauh mungkin. Perlahan dorong tubuh Anda menjauhi meja, lalu dekatkan kembali. Gerakan ini efektif mengencangkan otot lengan dan kaki.

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini