Sukses


Rumah Nyaman di Kawasan Padat Penduduk

Tidak berarti rumah di kawasan padat penduduk tak nyaman. Anda dapat menciptakan rumah nyaman dengan langkah berikut...

Liputan6.com, Jakarta Anda tentu inginnya memiliki rumah idaman di area perumahan yang sehat, lengkap dengan taman dan halaman luas. Masalahnya, jika Anda ingin mendapatkan rumah lengkap dengan lingkungan yang asri dan nyaman, ada dihadapkan pada dua pilihan.

Pilihan pertama, Anda harus memiliki bujet yang besar, terutama jika area perumahan incaran terletak di pusat kota. Pilihan lainnya, Anda harus puas bila letak rumah Anda ada di pinggiran kota—yang berarti jauh dari lokasi kerja.

Bila tak ingin jauh dari pusat kota, Anda harus membeli rumah di kawasan padat penduduk. Harga rumahnya mungkin tak semahal rumah minimalis di cluster, karena jalan di depannya yang sempit.

Akan tetapi, tidak berarti rumah di kawasan padat penduduk menjadi tak nyaman. Anda dapat menciptakan rumah nyaman dengan tips dari Rumah.com berikut:

Tetap Ada Halaman

Jika area depan rumah tak memungkinkan digunakan untuk halaman—misalnya karena sudah digunakan untuk garasi—buatlah area terbuka hijau di halaman samping atau belakang rumah. Tak perlu terlalu besar, misalnya 2×2 meter. Biarkan atapnya sedikit terbuka—atau gunakan kanopi yang atapnya bisa dibuka dan ditutup—agar sirkulasi udara tetap lancar.

Hindari Memelihara Hewan

Jika Anda ingin memiliki hewan peliharaan, ikan bisa dijadikan pilihan. Gunakan lahan terbuka tadi untuk membangun kolam kecil. Untuk sementara kesampingkan dahulu keinginan Anda memelihara anjing, kucing, atau mamalia lainnya. Selain lahan yang terlalu sempit membuat mereka susah bergerak, bulu hewan akan mudah bertebaran di area rumah yang sempit. Bukan cuma menyebabkan lantai rumah cepat kotor, bulu hewan berpotensi menimbulkan gangguan pernapasan.

Bangun Pagar

Pastikan Anda memiliki pagar, minimal 3/4 dari tinggi tubuh Anda. Pagar berguna untuk mencegah debu dan asap kendaraan yang melintas di depan rumah Anda langsung masuk ke dalam rumah.

Cek Selokan

Periksa keadaan jalan di depan rumah Anda dan selokannya. Area padat penduduk cenderung kotor dan selokannya sering tersumbat. Sapu area di depan rumah Anda setiap hari dan bersihkan selokannya. Air selokan yang mampat akan memicu munculnya tikus, kecoa, dan nyamuk.

Gunakan Tanaman Gantung

Percantik teras Anda dengan tanaman gantung yang menggunakan pot kecil. Bila Anda ingin membangun kolam ikan namun lahannya terbatas, gunakan pot berukuran besar untuk memelihara ikan tersebut. Tambahkan tanaman air seperti lotus untuk mempercantiknya.

Area Transparan

Walau rumah memiliki banyak jendela, akibat sangat padat penduduk, rumah Anda tetap saja kurang mendapatkan sinar matahari. Untuk mengatasinya, bangunlah area transparan, maksudnya ada area yang atapnya menggunakan kanopi beratap kaca yang memudahkan sinar matahari masuk ke dalam rumah. Misalnya, area dapur, halaman belakang, atau pantry.

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini