Sukses


6 Tanda Rumah Anda Kebanyakan Barang

Seiring pertambahan barang tersebut, Anda pun merasa rumah menjadi kurang luas.

Liputan6.com, Jakarta Rumah Anda boleh saja berukuran kecil, tapi untuk urusan barang kebutuhan rumah tangga, semuanya komplet. Alat memasak dijamin lengkap, rak buku dan lemari untuk menyimpan barang juga lebih dari satu.

Masalahnya, seiring pertambahan barang tersebut, Anda pun merasa rumah menjadi kurang luas. Sebelum mengeluh atau menyalahkan pasangan karena tidak membeli rumah yang lebih besar, coba cek kembali kondisi rumah. Jangan-jangan sebenarnya rumah tersebut sudah pas dengan kebutuhan Anda, hanya barangnya saja yang terlalu banyak.

Dinukil dari Rumah.com, berikut ini ciri-ciri rumah yang terlalu banyak barang:

Susah Melangkah

Kemanapun tujuan Anda, misalnya menuju ke kamar, dapur, atau ruang makan, Anda selalu menyenggol barang di dekat Anda. Wajar saja, seluruh barang diletakkan berdekatan, dan hampir tidak ada ruang yang benar-benar lapang untuk duduk atau melangkah.

Semakin Banyak Kecoa

Jika tadinya rumah Anda bebas kecoa, kali ini setiap hari Anda melihat hewan itu berkeliling di rumah Anda. Jumlahnya memang tidak banyak, tapi satu kecoa muncul dan melintas di depan Anda, pasti sudah membuat Anda tidak nyaman, bukan?

Tumpukan buku, dus, serta alat-alat lainnya yang diletakkan di lantai akan menjadi sarang kecoa, semut, atau kutu busuk. Sortir kembali barang Anda, jika memang sudah usang dan tidak digunakan lagi, jangan ragu untuk membuang atau menjualnya ke pasar loak.

Nyamuk di Siang Hari

Biasanya nyamuk memang lebih sering muncul di malam hari. Namun, tak jarang Anda menemukan serangga bersayap tersebut di pagi dan siang hari.

Banyaknya nyamuk di rumah menandakan adanya tumpukan barang yang membuat sinar matahari susah menembus ruangan. Padahal, jika Anda mengurangi tumpukan barang tersebut, sinar matahari akan membuat nyamuk enggan bersembunyi di tumpukan barang.

Makin Gerah

Meski rumah Anda memiliki banyak jendela, Anda tak pernah merasa rumah sejuk. Pasalnya, tumpukan barang di rumah Anda menghalangi sirkulasi udara dan sinar matahari.

Kurangnya sirkulasi udara juga menambah partikel debu di permukaan barang yang Anda tumpuk. WHO bahkan mengatakan, kurangnya sirkulasi udara di dalam rumah membuat risiko penularan penyakit semakin besar, seperti gangguan saluran pernapasan dan flu.

Kursi Penuh Barang

Kursi, sofa, dan meja tak lagi digunakan sesuai fungsinya. Soalnya, bagian atas meja dan kursi sering dijadikan tempat untuk meletakkan seluruh barang Anda, seperti buku, piring, bahkan kotak sepatu. Cek kembali isi lemari Anda, jika memang masih ada tempat kosong, masukkan barang-barang tersebut ke dalam lemari.

Malas Membersihkan

Menyapu dan mengepel lantai harusnya dapat dilakukan dalam durasi waktu yang tidak mencapai satu jam. Tapi, bagi Anda, pekerjaan ini sangat merepotkan. Soalnya Anda harus memindahkan sebagian barang untuk memudahkan Anda menyapu lantainya.

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.