Sukses


4 Perbaikan Ini Tingkatkan Nilai Jual Rumah Anda

Berikut empat hal yang perlu diperbaikin agar nilai rumah Anda meningkat...

Liputan6.com, Jakarta Jangan terlalu pelit untuk merenovasi atau menata ulang rumah Anda. Keuntungannya tidak hanya membuat rumah menjadi lebih nyaman, tapi juga meningkatkan nilai jual rumah jika Anda ingin menjualnya sewaktu-waktu.

Dikutip dari Rumah.com, berikut empat hal yang perlu diperbaiki agar nilai rumah Anda meningkat:

Percantik Pintu

Jarang sekali ada developer yang memberikan pintu rumah yang terbuat dari bahan bermutu tinggi. Kebanyakan perumahan—terutama perumahan menengah ke bawah—menggunakan kayu murah yang sangat ringan, mudah rusak, dan engselnya gampang berkarat.

Gantilah pintu rumah Anda dengan pintu yang kokoh dan warnai dengan cat yang menarik untuk menunjukkan kekokohannya. Misalnya, cat kembali pintu dengan cat kayu berwarna cokelat sehingga lebih mengilap.

Bikin Jalan Setapak

Bila teras Anda menghadap taman, buatlah jalan setapak dari teras yang langsung menuju pintu keluar—bukan ke arah garasi. Gunakan batu alami atau plesteran semen, sehingga memudahkan calon pembeli masuk ke rumah Anda.

Percantik Taman

Halaman asri yang terawat membuat rumah terkesan segar sekaligus memberikan sirkulasi yang baik bagi ruangan yang ada di dalam rumah. Percantik halaman depan dan belakang rumah dengan tanaman hijau dan bunga.

Jika Anda kurang berbakat dalam berkebun, gunakan jasa tukang kebun atau pilih tanaman yang tidak butuh banyak perawatan . Contoh, buatlah taman kering yang menggunakan kaktus untuk halaman belakang.

Update Furnitur

Tak ada salahnya mengganti toilet atau lantai kamar mandi agar terlihat lebih bersih dan nyaman. Pembeli dapat langsung membatalkan niatnya jika melihat kamar mandi yang tidak terawat, kusam, dan berbau tak sedap.

Sebelum Anda memutuskan menjual rumah, ganti furnitur kamar mandi dengan furnitur berwarna cerah seperti putih atau krem. Perhatikan pula bagian dapur, jika memang ada kabinet atau lemari dapur yang rusak dan kusam, gantilah dengan yang baru.

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.