Sukses


Ayo Buat Lilin Aromaterapi Sendiri

Selain membuat ruangan terlihat lebih cerah, lilin aromaterapi juga dapat menghias ruangan dan memberi aroma segar pada ruangan.

Liputan6.com, Jakarta Ingin membuat ruangan menjadi harum sekaligus menenangkan pikiran? Lilin aromaterapi bisa menjadi barang yang wajib Anda miliki.

Selain membuat ruangan terlihat lebih cerah, lilin aromaterapi juga dapat menghias ruangan dan memberi aroma segar pada ruangan.

Yang menarik, ternyata tidak sulit lho membuat lilin aromaterapi sendiri. Anda bisa pilih warna dan aroma yang diinginkan agar sesuai dengan selera.

Ssst, Anda juga bisa menjadikan lilin ini sebagai hadiah atau sovenir juga! Dikutip dari Rumah.com, berikut ini langkah-langkah sederhana untuk membuat lilin aromaterapi.

Bahan bahan yang perlu di persiapkan

  • Serpihan lilin
  • Sumbu lilin
  • Wadah cetak untuk lilin
  • Krayon bebas racun
  • Minyak esensial/aromaterapi
  • Wadah kaca
  • Panci
  • Tusuk sate atau sumpit
  • Selotip
  • Kompor
  • Gunting

Langkah pertama adalah menyiapkan wadah untuk tempat mencetak lilin. Namun Anda harus memasang sumbu lilin tepat di tengah wadah.

Cara membuat sumbu untuk berdiri tegak adalah dengan menjepitnya dengan dua buah sumpit dan sematkan selotip agar menempel kuat di permukaan wadah.

Kemudian ukur seberapa banyak serpihan lilin yang Anda butuhkan. Agar akurat, bisa menggunakan gelas ukur, namun bisa sesuai perkiraan kasar Anda.

Jangan lupa, serpihan lilin nantinya akan memadat sehingga ukurannya menyusut hingga 2 kali lipat.

Setelah itu, lelehkan lilin dengan cara dikukus di panci berisi air. Letakkan lilin di sebuah wadah yang direndam pada air panas tersebut.

Pastikan air tidak terlalu penuh untuk merendam wadah lilin sehingga cipratannya tidak menyentuh lelehan lilin.

Sementara panas api disetel agar tidak terlalu panas. Sambil menunggu serpihan lilin menjadi cair, gunakan sendok untuk mengaduk.

Lanjutkan proses dengan menambahkan warna untuk lilin. Tapi Anda bisa melewatkan tahap ini jika tidak ingin mengubah warna asli.

Untuk memberi warna tambahan, gunakan krayon tanpa bahan kimia. Tambah jumlah krayon untuk warna yang lebih cerah. Sama halnya dengan lilin, lelehkan krayon dan campur dengan lelehan lilin.

Tambahkan pewangi untuk membuat lilin Anda lebih harum ketika dinyalakan. Gunakan minyak aromaterapi setidaknya 10 tetes atau lebih sesuai selera.

Anda juga bebas bereksperimen dengan jenis wangi yang dipilih. Aduk rata agar wewangian tercampur sempurna dengan lilin.

Tuangkan lelehan lilin ke dalam wadah yang sudah ditempel sumbu tersebut. Lakukan perlahan agar bentuknya lebih rapi.

Tunggu tiga sampai empat jam sampai lilin dingin dan memadat. Biarkan mendingin di suhu ruangan untuk menghindari retakan lilin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini