Sukses


Trik Menyimpan Sepatu Hemat Tempat

Bagaimana caranya membuat tampilan rak sepatu yang kreatif dan menghemat ruang? Artikel berikut ini akan memberi beberapa ide cerdik.

Liputan6.com, Jakarta Alas kaki atau sepatu menjadi salah satu barang yang paling banyak dikoleksi, khususnya oleh kaum wanita.

Tidak cukup memiliki tiga sampai lima pasang sepatu, jumlahnya bisa mencapai belasan bahkan puluhan.

Padahal sepatu bisa tahan lama jika disimpan dan dirawat secara berkala dengan baik. Lalu bagaimana caranya membuat tampilan rak sepatu yang kreatif dan menghemat ruang? Artikel berikut ini akan memberi beberapa ide cerdik, dikutip dari houzz.com.

Gantung sepatu hak tinggi

Untuk beberapa wanita, sepatu hak tinggi memiliki kuantitas yang paling banyak. Tidak hanya berhasil membuat tampilan lebih ramping, sepatu jenis ini juga membuat elegan dan cocok digunakan untuk acara santai dan formal.

Nah, hak tinggi ini bisa Anda manfaatkan untuk menjadi pengkait sepatu ke tangga kayu yang disandarkan pada dinding. Terlihat praktis dan cantik kan?

Pajang sepatu anak

Ini adalah cara cerdik untuk orang tua yang sering kesulitan mencari sepatu-sepatu mungil milik si buah hati. Bentuknya yang imut memang sering kali terselip di tempat yang tidak terduga.

Untuk meminimalisir resiko kehilangan, simpan sepasang sepatu atau sandal mereka di sebuah rak gantung. Selain rapi dan gampang dicari, Anda juga akan memiliki pajangan dinding yang unik.

Rak sepatu di pintu masuk

Area pertama setelah pintu masuk yang sering disebut foyer atau hallway adalah tempat favorit kebanyakan orang untuk menyimpan sepatu.

Sayangnya, saking bebas melepas dan memasang sepatu, kita kerap lupa membuatnya tertata dengan rapi. Ayo, mulai tata rak sepatu ini dengan cara yang cerdas. Agar mudah diambil, susun rak dengan sudut kemiringan 45 derajat.

Tata di lemari baju

Siapa yang tidak tergiur memilih deretan sepatu yang tertata rapi seperti terpajang di butik? Jika Anda punya ruang sisa yang sempit di dekat kamar tidur, tidak ada salahnya diubah menjadi mini walk in closet .

Disini Anda bisa mendesain lemari dan rak besar yang mampu menampung sepatu dan baju serta aksesoris lainnya. Jika koleksi sepatu Anda adalah karya desainer dan memerlukan perawatan ekstra, tentunya ruangan ini wajib untuk Anda miliki.

Mengubah lemari baju

Jika Anda terpaksa tidak punya ruang untuk membuat mini walk in closet, maka ini bisa menjadi ide alternatif.

Ubah lemari baju Anda menjadi rak sepatu raksasa! Caranya cukup dengan memberikan sekat antar rak yang disusun di dalam lemari baju. Mudah kan?

Simpan dalam boks

Ini adalah cara praktis untuk Anda yang ingin menjaga sepatu terbebas dari debu. Simpan koleksi sepatu di dalam kotaknya masing-masing!

Untuk mempermudah pencarian tiap jenisnya, jangan lupa foto setiap sepatu dan tempel di bagian luar. Kalau ingin lebih rapi, pilih kotak sepatu dengan model dan warna yang sama.

Simpan di Wadah Transparan

Wadah plastik transparan bisa Anda manfaatkan sebagai tempat penyimpanan sepatu yang cerdas lho.

Hanya dengan sekali melihat, Anda bisa tau sepatu mana yang Anda inginkan. Jangan lupa simpan silica gel untuk menghindarkan jamur karena udara yang lembab.

Letakkan menyilang

Masih dengan rak sepatu yang sama, Anda bisa menghemat penyimpanan dengan meletakkan sepatu dengan saling berlawanan. Sisi ujung depan akan berdampingan dengan sisi belakang sehingga lebih banyak lagi sepatu yang bisa Anda simpan.

Gantungkan di rel

Ide yang pas untuk menyimpan sepatu boots yang kerap memakan banyak tempat. Dengan menggantungkan di hanger pakaian, sepatu-sepatu ini akan lebih mengirit tempat.

Buat rak di bawah tangga

Lokasi penyimpanan ini memang harus dibuat sendiri, tapi banyak manfaat yang bisa Anda dapat. Tidak hanya sepatu saja, Anda bisa menyimpan koleksi apapun di kolong anak tangga ini.

Jangan lupa periksa secara berkala untuk memastikan tidak ada sarang serangga di dalamnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini