Sukses


Pilah-pilih Warna Cat Rumah Sesuai Feng Shui

Memilih warna cat rumah tidak pernah menjadi suatu keputusan yang mudah.

Liputan6.com, Jakarta Memilih warna cat rumah tidak pernah menjadi suatu keputusan yang mudah. Apakah warna ini akan membuat Anda bahagia? Apakah sesuai dengan ukuran ruangan? Dan berbagai pertanyaan besar lain.

Dalam buku “The Holistic Home: Feng Shui Your Mind, Body, Spirit, Space” Laura Benko, pakar holistic feng shui menulis cara memilih warna cat yang tepat untuk ruangan di rumah Anda. Berikut ini uraiannya:

Ketahui Makna Warna

Pemilihan warna memiliki dampak yang besar karena akan memengaruhi aliran Chi yang akan masuk ke dalam rumah. Pemilihan warna yang salah akan memengaruhi keseimbangan hidup serta cara berpikir. Berikut makna masing-masing warna berdasarkan feng shui:

  • Merah: berperan sebagai stimulator.
  • Jingga: membangkitkan rasa bahagia.
  • Kuning/emas: simbol kekuatan, menstimulasi kesehatan, kesabaran, dan kebijakan.
  • Hijau: merepresentasikan pertumbuhan dan awal yang baru, serta baik dalam untuk penyembuhan serta kesegaran tubuh.
  • Biru kehijauan: merepresentasikan masa muda, awal baru, dan memberikan rasa percaya diri.
  • Biru tua: kebijakan dan introspeksi. Di kebudayaan China, warna ini dianggap warna yang suram.
  • Ungu: mewakili spiritualitas, petualangan, dan kemakmuran.
  • Hitam: menstimulasi refleksi serta misteri.
  • Putih: mewakili kejelasan, ketepatan, dan komunikasi.
  • Abu-abu: mengundang bantuan serta merepresentasikan keharmonisan antara hitam dan putih.
  • Cokelat: memberikan stabilitas dan keamanan.
  • Merah muda: mewakili cinta, romansa, dan pasangan hidup.

Pengguna Ruangan

Hal kedua yang paling penting sebelum memilih warna adalah mengetahui siapa yang akan menggunakan ruangan tersebut. Misalnya, Anda sedang mempersiapkan kamar bayi, hindari pemilihan warna merah, karena akan membuat bayi tidur kurang nyenyak.

Warna Api untuk Ruangan Aktif

Ruangan yang aktif seperti ruang makan dan ruangan untuk berolahraga akan lebih menguntungkan jika dicat warna merah, jingga, dan kuning. Aplikasikan warna ini di tempat yang banyak terjadi pergerakan atau dilalui orang, seperti lorong rumah. Ruangan seperti ini cocok diberi warna dinamis seperti fuschia.

Pilih Warna yang Anda Suka

Beberapa orang memilih warna merah karena dianggap warna keberuntungan. Padahal jika Anda tidak menyukai merah, warna ini justru akan membuat Anda frustrasi dan tidak bahagia ketika keluar-masuk rumah—dan hal ini tidak baik menurut feng shui.

Kombinasikan Beberapa Warna

Bermain dengan warna yang berbeda dapat memberikan ruangan terasa lebih menyenangkan. Misalnya, penggunaan warna kuning yang dipasangkan dengan warna abu-abu pucat, krem, atau cokelat muda. Jika Anda sudah memasangkan beberapa warna seperti biru dan hijau, tambahkan elemen lain seperti warna api untuk membuatnya menjadi lebih hidup.

Mita Agustina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini