Sukses


Pilah-pilih Warna Cat untuk Pintu Rumah

Bagi Anda yang tengah merasa bosan dengan tampilan luar rumah, mengecat pintu utama dengan delapan warna berikut mungkin bisa menginspirasi

Liputan6.com, Jakarta Pintu merupakan elemen penting untuk eksterior hunian Anda. Selain berfungsi sebagai estetika, peran utama pintu adalah untuk jalur sirkulasi udara sekaligus akses keluar masuk anggota keluarga di rumah.

Menurut ilmu feng shui seperti dikutip Rumah.com, pintu utama tidak boleh lurus hingga dapur terlihat dari depan rumah. Sebabnya, aliran chi akan bergerak lurus bukan melingkar dan ini bukan pertanda bagus.

Oleh karena itu, disarankan agar di balik pintu utama terdapat hall atau ruangan yang cukup luas, agar energi dapat memutar kemudian masuk ke ruangan lain.

Berbicara lebih lanjut soal pintu utama, saat ini para arsitek maupun pemilik rumah selalu mendesain pintu serupa dengan gaya maupun tema yang diusung pada arsitektur rumah.

Pemilihan warna juga tak lagi bermain pada warna-warna dasar, melainkan corak yang lebih berani dan menunjukkan karakter penghuni rumah.

Lantas bagi Anda yang tengah merasa bosan dengan tampilan luar rumah, mengecat pintu utama dengan delapan warna berikut mungkin bisa memberi inspirasi baru. Yuk, simak!

Hitam

Sumber: freshhousee.com

Warna yang satu ini biasanya identik dengan hunian bergaya klasik. Kendati demikian, cat warna hitam rupanya juga cocok untuk tema hunian kontemporer.

Jika Anda memilih hitam sebagai warna utama untuk pintu depan rumah, cobalah cat jenis hitam pekat yang dipadukan dengan warna deepest blue atau coklat.

Contoh variasi warna ini akan membantu Anda mendapatkan sebuah pintu hitam dramatis yang dramatis nan mengagumkan.

Hijau

Sumber: architecturebeast.com

Hijau mungkin bukan warna pertama yang Anda pikirkan ketika memutuskan untuk mengecat pintu utama rumah.

Namun untuk menyegarkan tampilan luar rumah dengan cara yang sederhana, warna hijau bisa menjadi salah satu pertimbangan.

Saat Anda berani memilih warna ini, itu berarti Anda harus memikirkan lansekap yang serasi untuknya.

Misalnya dengan menggantung tiga buah pot tanaman bunga atau herbal di salah satu sisi pintu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ungu

Ungu

Sumber: houzzefresh.com

Siapa bilang ungu hanya boleh diaplikasikan pada pintu kamar anak? Warna dingin ini semakin populer diterapkan pada pintu depan. Guna melengkapi keindahan hijau dedaunan dari taman depan rumah.

Sekarang ini mungkin saat yang tepat bagi Anda menggunakan warna ungu. Pasalnya, warna ini diprediksi menjadi tren interior pada tahun 2017.

Biru

Sumber: homestratosphere.com

Cat warna biru dengan sedikit sentuhan hijau bisa menjadi pilihan yang tepat untuk pintu utama. Tak ayal kesan yang akan terasa adalah terbuka dan lapang.

Jika pintu biru dipadukan dengan tembok putih, maka dapat menimbulkan gaya nautical yang unik dan nyentrik.

Untuk membuatnya semakin kuat, Anda juga dapat menambah elemen lain seperti kapal, jangkar, garis-garis, makhluk laut, dan lainnya.

Namun perlu diingat, karakteristik dari gaya ini adalah tekstil yang natural, furnitur dari kayu yang tidak mahal, dan warna putih yang berlimpah.

Kuning

Sumber: houzz.com

Beberapa dari Anda mungkin sulit membayangkan seperti apa jadinya jika warna cat pada pintu utama adalah kuning.

Akan tetapi untuk hunian tradisional, kuning atau emas sangat cocok diterapkan agar tema yang diusung makin menonjol. Terlebih bila disandingkan dengan kusen jendela warna hitam.

3 dari 3 halaman

Merah

Merah

Sumber: deco.atmlyrics.com

Warna hangat yang satu ini merupakan simbol warna keberuntungan dalam ilmu feng shui. Maka dari itu, merah sangat pas bila digunakan sebagai warna utama pada pintu depan rumah.

Sebenarnya merah bisa menjadi warna hangat maupun dingin tergantung kepandaian Anda dalam mengombinasikannya.

Bila sedikit bingung, Anda bisa memadu-padankan merah dengan warna dingin seperti hijau atau biru.

Koral

Sumber: lacqueredlife.com

Koral yang identik dengan gaya Mid-Century Modern, hingga kini masih populer digunakan pada rumah dengan pintu ganda yang luas plus unsur motif Asia.

Tak hanya itu, warna karang ini juga cocok diterapkan pada hunian yang menganut konsep kontemporer dan rumah ala pantai.

Hijau Mint

Sumber: theinspiredroom.net

Warna hijau mint yang pucat rupanya bisa disalurkan lewat pintu depan. Beruntung, jika Anda memiliki pintu antik khas Belanda, warna lembut ini akan terlihat semakin manis dan menawan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.