Sukses


Tips Memilah Barang Sebelum Pindah Rumah

Dengan memilah barang lama, Anda bisa mengatur barang-barang di tempat tinggal baru lebih leluasa, sehingga terlihat lebih rapi dan bersih.

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda masih memiliki baju lama atau mainan yang mulai berdebu di bawah tempat tidur? Pertimbangkan untuk menyingkirkan semua barang-barang ini sebelum Anda pindah ke rumah baru.

Dengan memilah barang lama, Anda bisa mengatur barang-barang di tempat tinggal baru lebih leluasa, sehingga terlihat lebih rapi dan bersih. Masih bingung dari mana memulainya? Simak tips memilah barang dari Rumah.com berikut sebelum pindah rumah:

1. Mulai Segera

Mengepak barang-barang dan merencanakan pindah rumah dapat menghabiskan banyak waktu dan energi. Mulailah memilah barang sesegera mungkin, sehingga ketika saatnya mengepak barang, Anda tidak memerlukan banyak kotak untuk menyimpan semua barang. Semakin dikit barang, maka Anda akan menghemat banyak waktu, biaya, dan bebas stres.

2. Pahami Pilihan Anda

Ketika mulai memilah barang, pastikan Anda mengetahui pilihan kemana saja barang tersebut akan disalurkan, apakah akan didonasikan, dijual, atau dibuang. Buat tiga macam kotak yang sudah diberi label untuk donasi, jual, atau buang.

Semua barang yang sudah rusak, robek atau tidak dapat digunakan lagi dapat langsung dibuang. Barang-barang lama seperti baju, DVD atau CD, perlengkapan dapur masih bisa didonasikan untuk orang lain. Jika Anda ingin menyingkirkan barang-barang besar seperti sofa, TV atau barang elektronik lain, pertimbangkan untuk menjualnya.

3. Agar Mudah Memutuskan

Ketika memilah barang, kesulitan yang sering dialami adalah membuat keputusan barang mana yang disimpan atau dibuang. Jika sebuah barang tidak digunakan selama lebih dari enam bulan, Anda tidak akan mencarinya lagi ketika dibuang.

Untuk pakaian, jika Anda sudah tidak memakai baju tersebut lebih dari satu tahun, Anda bisa mendonasikannya. Jika suatu barang tidak pernah digunakan dan tidak memiliki nilai sentimental, Anda bisa langsung membuangnya.

4. Lakukan Satu Persatu di Setiap Ruangan

Cara terbaik untuk memilah barang adalah melihat barang-barang tersebut satu persatu di setiap ruangan. Dengan cara ini, Anda tidak akan merasa kewalahan melihat semua barang-barang di saat bersamaan.

Anda dapat berhenti sejenak dan melanjutkannya ke ruangan lain di waktu yang berbeda. Beberapa area yang penting untuk dipilah adalah kamar mandi, dapur, lemari pakaian dan gudang.

5. Minta Bantuan

Memilah barang bisa jadi menyenangkan, caranya: undang teman-teman Anda untuk datang ke rumah. Nyalakan musik, siapkan camilan dan minuman, lalu bersenang-senanglah menyortir barang-barang apa saja yang akan disimpan atau disingkirkan.

6. Putuskan Kemana Barang-barang akan Didonasikan

Setelah memilah semua barang-barang. Putuskan kemana barang donasi akan diberikan. Anda bisa langsung mengantar ke panti asuhan atau toko yang menjual barang bekas.

7. Jual Secara Online

Cara termudah menjual barang milik Anda adalah lewat media sosial seperti Facebook atau Instagram. Menjual ke teman lebih mudah dan risikonya lebih kecil dibandingkan menjual barang ke orang lain. Jika teman Anda tidak tertarik, Anda dapat mencoba menjualnya di situs jual-beli online.

Mita Agustina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini