Sukses


Lima Alasan Anda Harus Mengganti Kasur

Idealnya, kasur digunakan maksimal 8 - 10 tahun. Tapi, pasti ada saja yang menggunakan kasur hingga lebih dari itu.

Liputan6.com, Jakarta Idealnya, kasur digunakan maksimal 8 – 10 tahun. Tapi, pasti ada saja yang menggunakan kasur hingga lebih dari itu.

Pasalnya, harga kasur tidak murah, dan mungkin bagi Anda selama kasur tetap nyaman digunakan untuk berbaring, Anda masih bisa menggunakannya.

Memang, membalik posisi tidur seperti kepala menjadi berada di bagian kaki, membuat kasur menjadi lebih awet. Tapi, tetap saja kasur tak boleh digunakan hingga lebih dari 10 tahun.

Dikutip dari Rumah.com, berikut ini lima alasannya:

  • Meski Anda rajin menjemur kasur setiap 1-2 minggu, pegas di dalam kasur semakin lama akan memendek. Biasanya, bagian tengah kasur akan memendek lebih dahulu karena paling berat menanggung beban tubuh Anda. Akibatnya, kasur akan menurun di bagian tengah. Kondisi ini juga membuat nyeri punggung dan pundak Anda saat berbaring.

  • Busa yang ada di dalam kasur akan menipis dan menyebabkan kasur menjadi lebih tipis dan keras. Akibatnya Anda menjadi kurang nyaman, bahkan sulit tidur. Kasur yang terlalu keras juga membuat aliran darah menjadi tidak lancar selama tidur. Jangan heran jika saat bangun Anda merasa pusing dan leher pun kaku.

  • Kasur selalu menjadi sarang debu. Membersihkannya dengan vacuum cleaner setiap minggu memang akan mengurangi debunya, tapi hanya yang berada di permukaan. Sementara partikel debu yang tipis tetap terserap ke dalam kasur karena udara lembap. Debu yang menempel ini berisiko menyebabkan gangguan pernapasan dan asma.

  • Selama tidur, metabolisme tubuh dan pergantian sel di dalam tubuh tetap berjalan, sehingga Anda pun tetap mengeluarkan keringat. Keringat dan sel kulit mati akan menempel di kasur dan menjadi tempat favorit bagi tungau atau kutu busuk untuk berkembang biak. Tungau akan menyebabkan ruam atau gatal pada kulit, dan memicu alergi, serta kudis.

  • Bila Anda termasuk orang yang membiarkan hewan peliharaan tidur di kasur Anda, sudah pasti Anda harus sering menjemur dan mengganti kasur yang berusia delapan tahun. Bulu binatang berisiko mengundang kutu busuk dan memicu munculnya alergi dan asma.

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.