Sukses


Yuk Bikin Dekorasi Vintage Sendiri!

Dekorasi bergaya vintage sering kali terkesan romantis dan unik. Membuatnya juga mudah dan tidak perlu banyak uang..

Liputan6.com, Jakarta Belakangan sering kita dapati aksesori dan dekorasi bergaya vintage di restoran maupun kafe. Gaya ini barangkali sedang ngetren. Tapi tren bukanlah satu-satunya alasan mengapa dekorasi vintage menarik minat banyak orang.

Dekorasi bergaya vintage sering kali terkesan romantis dan unik. Lebih dari itu, juga mudah dibikin sendiri dan tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Barang-barang bekas pun bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan perkakas atau hiasan-hiasan bergaya vintage.

Dikutip dari Rumah.com, berikut ini beberapa contoh aksesori dan dekorasi vintage yang bisa Anda buat sendiri di rumah. Yang Anda perlukan hanya imajinasi, ketekunan, beberapa peralatan sederhana seperti gunting dan kuas cat, dan tak ketinggalan, beberapa “sampah” yang bisa Anda temukan dari gudang.

Wadah Sendok dari Kaleng Susu

01 Wadah sendok (diyjoy.com)

Sepenggal papan kayu dan beberapa buah kaleng susu kental manis dapat dijadikan wadah sendok yang unik dan imut. Anda tinggal mengecat semuanya dan menempelkan kaleng-kaleng susu itu di kedua sisi papan dengan menggunakan sekrup.

Anda dapat menggunakan berapa pun jumlah kaleng sesuai keinginan, apakah empat, enam, atau delapan. Untuk memperkuat kesan vintage-nya, pilihlah warna-warna dengan tone sejuk seperti hijau pirus (torquoise). Jangan lupa cat pula bagian dalam kaleng, dan tambahkan pegangan dari bahan kulit agar lebih mudah dijinjing sekaligus sebagai pemanis.

Motto di Muka Palet Kayu

02 Moto (diyjoy.com)

Untuk mengisi dinding yang kosong di atas bufet kecil, memajang lukisan atau foto mungkin sudah terlalu biasa. Sebagai alternatif, Anda boleh mencoba menghiasinya dengan motto atau kata-kata bijak dari tokoh kenamaan. Supaya tidak terlihat kaku atau terlalu formal, tulislah kata-kata bijak itu pada palet-palet kayu bekas kargo.

Tekstur dan warna alami kayu yang dibiarkan apa adanya dapat dipadukan dengan pilihan-pilihan font sesuai selera. Untuk menambah aksen, warnai saja kata per kata dengan lebih dari satu macam warna.

Lampu Meja dari Tambang

03 Lampu meja (diyjoy.com)

Ide yang satu ini amat simpel, tapi brilian. Jika Anda bosan dengan lampu meja biasa, Anda bisa mengubahnya jadi unik dan tidak biasa dengan tali tambang. Disarankan memilih tali tambang dari bahan serat alami. Lantas lilitkan saja rapat-rapat pada kaki lampu. Mudah bukan?

Coffee Table dari Palet

04 Coffe table (diyjoy.com)

Palet kayu adalah material yang amat cocok dan fleksibel untuk aneka dekorasi ataupun furnitur bergaya vintage. Bahan ini juga bisa Anda gunakan untuk membuat coffee table yang akan mengubah tampilan interior. Jika Anda mau tampil “berani”, Anda bisa mengecat meja ini dengan aneka warna.

Tips kecil untuk pengecatannya: warnai palet per palet dengan warna yang berbeda-beda, dan jangan rapi-rapi. Dengan begini, hasil jadinya pasti tak terduga.

Permadani dari Kain Perca

05 Permadani perca (craftaholicsanonymous.com)

Permadani yang satu ini bisa Anda bikin sendiri dengan alat-alat yang sederhana. Caranya pun gampang. Hanya saja, Anda akan membutuhkan kesabaran, ketelatenan, juga ketelitian agar hasilnya memuaskan.

Bahan-bahan yang mesti disiapkan hanya dua macam. Pertama, keset (rug mat) anti selip dengan pori-pori yang cukup besar. Ukurannya sesuai dengan keinginan Anda. Kedua, potongan kain perca berukuran sekitar 3 x 15 cm. Jumlahnya menyesuaikan lebar rug mat yang Anda siapkan. Untuk membuatnya, Anda mesti mengaitkan satu per satu potongan perca pada pori-pori rug mat hingga penuh seluruh permukaannya.

Selamat mencoba dan berkreasi!

Astrid Septriana

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini